Friday, January 28, 2011

Hore-Hore di Pasar Malam Sekaten Yogyakarta

Bagi teman-teman yang tinggal di Yogyakarta tentu sudah tak asing lagi dengan upacara adat yang setiap setahun sekali dilaksanakan yakni Sekaten.Nah,biasanya selama sebulan penuh sebelum acara ini dilaksanakan biasanya di alun-alun Utara Yogyakarta diselenggarakan pula pasar malam.Mis MM sendiri meskipun sudah bertahun-tahun berdomisili dan kini masih sering bolak-balik Yogya belum pernah sekalipun masuk dan sekedar muter-muter disana.



Felix,Fenda,Juris dan t
iket masuk

Kebetulan bulan ini ada kesempatan untuk dolan kesana,dan kenapa tidak dimanfaatkan sekalian untuk melihat lebih dekat lagi Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) tersebut.Ditemani Felix,Juris dan Fenda fiksiminiers Yogya,akhirnya mimpi main di sana tersebut kesampaian deh....Yuk ngintip Pasar Malam!



PMPS ini sendiri diadakan oleh Pemerintah Provinsi DIY dan dimulai satu bulan sebelum perayaan Maulud Nabi (bulan Rajab) serta berakhir sehari sebelum acara grebeg Maulud yang merupakan puncak perayaan Sekaten.Dan Pasar ini tentu saja terbuka bagi masyarakat umum dan dapat dipastikan semua ingin mengunjungi event y
ang hanya dilaksanakan setahun sekali tersebut.Apalagi pada akhir pekan,seperti ketika Mis MM kesana pada Malam Minggu tgl 22 Januari 2011.Woowww....ramainya bukan main!Bahkan untuk berjalan saja rasanya sulit,pada lokasi-lokasi tertentu terpaksa harus berdesak-desakan dan jalan dengan posisi miring!



Rasanya berhore ria di PMPS waktu itu menyenangka
n sekali.Selain karena sudah lama tak merasakan mengunjungi Pasar Malam,ternyata jalan dengan teman-teman fiksiminiers Yogya tuh menyenangkan!Dengan membayar tiket masuk ke lokasi PMPS seharga Rp.3000,- kami menemukan banyak jajanan,permainan dan juga hiburan disana.Dari mencoba gulali yang harganya murah banget,hanya Rp.3000,- perbuahnya,juga nyicipi harum manis seharga Rp.5000,- sampai naik kereta kelinci yang mengelilingi lokasi PMPS.Sayang aku tak sempat mencoba permainan yang ada disana,habis ramai sekali! Belum-belum sudah pening duluan.Tapi lumayanlah,bisa naik kereta kelincinya.Wow....mengulang masa kecil sepertinya,hahaha!



Oya selain permainan dan juga panggung kesenian yang pada malam itu menampilkan acara Qasidah,kami menemukan juga lho jajanan wajib Pasar Malam seperti bolang-baling,martabak dan beruntung juga kami bisa mencicipi makanan yang sudah langka dijual seperti kerak telor.Waaww setahuku ini makanan adanya di Jakarta,tapi di PMPS bisa ditemukan juga!


Penjual kerak telor

Meskipun harus berdesak-desakan pada malam it
u ternyata main di PMPS sangat menyenangkan!Ingin rasanya kembali lagi dan mencoba beberapa permainan yang ditawarkan disana.Hmmm....kapan ya? Ada yang mau ikut?

11 comments:

Zilko said...

wah, aku terakhir ke Sekaten pas SD dulu, naik yang kaya bianglala tp kecil itu, hahaha :D Trus nonton lumba2 :D

Judith said...

Hai Zil!Lama ga ada kabar nih hehe...
SD??Udah lama bangeeett...tapi seneng juga nonton pasar malam SEKATEN,jd pengen ngulang deh...paling gak mau nyari lumba-lumbanya...hmmm kemarin nggak sempet nyari.Masih ada atau tidak ya lumba-lumbanya?Hehehe

Fenty said...

teratrik juga kalo tahun depan ke sana :)

Judith said...

Fenty : ajak aku ya hehehe

Erik said...

Pingin juga tahun depan bisa ke acara ini.

ifanhere said...

wah seru banget deh mbak jadi pengen kesana ... itu setiap tahun ya mbak?

Judith said...

Mas Eric...monggoooo
Ifanhere...iya Fan tipa tahun,tahun depan main dong ke Jogja :D

Kang Eko said...

duh...njur kelingan pirang2 tahun gak pernah lagi nyaksikan pasar malam di jogja ini....
pingin embali muter2....jajan arum manis, hehehehe

apha said...

Good News Friend,kunjungi jg blog sy yah.....
http://dollardarineobuxcomtanpareferal.blogspot.com
http://www.apha.co.nr

xamthone plus said...

seru banget.........
jalan" mulu yah...
nice..

JudithNatalia said...

xamthone :dengan jalan2 kulihat dunia dari dekat :D thx udah mampir :)