Sunday, May 29, 2011

Mengayuh mimpi sampai Borneo (Pesona Bontang)

Seperti mimpi,mis MM menginjakkan kaki di Bontang.Malam telah menjelang,namun 'sinar' kota Bontang yang terkenal dengan adanya PT. Pupuk Kaltim dan PT.Badak NGL ini menerangi sukacitaku yang tak bisa terucap.Yeaaahh! Bontang,aku dataanggg....!

Jika sebelumnya berulangkali aku hanya diiming
-imingi Mbak Tina dengan Pantai /Pulau Beras Basahnya,kali ini aku benar-benar bisa melangkahkan kakiku diatas tebaran pasir putih nan menyerupai beras itu.Astagaaaa....indahnya Bontaaangg!Kami mengunjungi Pulau Beras Basah dan Dusun atas air Selangan pada keesokan harinya,Minggu,22 Mei 2011.Lexy,my prince pernah bilang," Kok kayak di Singapore ya ma,ada nama Bras Basah,daerah Gereja kita," Hahaha...justru Lexy yang ingat nama tersebut,Emaknya saja lupa.Hmmmm just wondering,Singapore yang mencontek kita,atau sebaliknya?Yang jelas keindahannya jauh bangeeettt....aku pilih yang di Bontang dong :D

Di Pelabuhan PT Bada
k

Naik speedboat yang seru

Baiklah,Minggu pagi itu adalah Minggu yang
cerah.Mis MM,Mbak Tina,Titi (Wakil Mbak Tina),Rani dan Ibu2 Pengurus Cabang Bhay.Bontang ramai-ramai berangkat ke Dusun Selangan dan Pulau Beras Basah dengan menggunakan speedboat.Kami berangkat dari pelabuhan PT Badak NGL.Karena semuanya sudah diatur oleh Mbak Tina maka kami tinggal berangkat saja.Tapi sebagai informasi buat teman-teman,jika ingin menuju Pulau tersebut kalian dapat menyewa kapal di sekitar Bontang Kuala atau Tanjung Laut. Tarif sewa kapal bervariasi, antara Rp.300.000 - Rp.400.000,- Kapal dapat menampung 10 penumpang lho.

Dusun Selangan

Perjalanan ke Wisata Karamba /Dusun Selangan ditempu
h selama kurang lebih 15 menit,lumayan ngebut tapi menyenangkan bisa segera sampai di dusun yang berada ditengah laut tersebut.Di Dusun Selangan sendiri terdapat puluhan rumah nelayan,masjid serta sebuah Sekolah Dasar.Uniknya, dibagian bawah dan samping rumah dimanfaatkan sebagai karamba, atau tempat memelihara ikan yang dibiakkan.Penduduk yang mendiami dusun ini sekitar 50 KK dan perahu adalah alat transportasi sehari-hari mereka.

Penduduk Selangan yg sedang menjemur Rumput laut

Pagi itu Mis MM sempat ngobrol dengan pak RT yang terlihat akan berangkat kondangan ke dusun tetangga.Pak RT mempersiapkan perah
unya dan astaga penumpang perahunya full.Hmmm...mereka sih telah terbiasa,tapi kami yang melihatnya tentu saja ketar-ketir.Apalagi penumpangnya kebanyakan anak-anak.Yang unik,ketika mereka berangkat,mereka harus menundukkan kepala karena melewati jembatan penghubung rumah-rumah di dusun mereka.

Siang itu ternyata Mas Heri,suami mbak Tina
juga menyusul kami ke dusun tersebut.Kami makan siang bersama disebuah rumah yang sering dipakai jika ada tamu yang bertandang ke dusun tersebut.Aneka ikan bakar,sayur pepaya dan sambal yang aduhai hasil masakan ibu-ibu sangat mengundang selera.Sebagai camilan adalah dodol dan manisan rumput laut yang merupakan oleh-oleh khas dari dusun tersebut.Enaaaakk!

Manisan Rumput laut khas Selangan

Setelah selesai makan siang acara kami lanjutkan lagi dengan meneruskan perjalanan ke....jreng jreng jreeeng...Pulau Beras Basah!Cihuuyyy
...akhirnya!Speedboat yang memuat kami ngebut dan kondisi laut lumayan berombak sehingga mengakibatkan beberapa ibu tampak pucat pasi,padahal Mis MM dan ibu-ibu lainnya justru menikmati perjalanan yang seru ini.Asli....seruu!! Kamipun tiba di Pulau Beras Basah dan kemudian tanpa menyiakan waktu kami pun menikmati keindahan pulau ini.Tak lupa berfoto seru juga doong....sampai loncat-loncat tak karuan.Alamak,masa kecil kurang bahagia hahahaha!Disini kami menikmati pula kelapa muda yang fresh,ditemani semilir angin yang membuai.Oh noooo....benar-benar pulau idaman.Di Pulau ini terdapat satu mercusuar dan dihuni hanya oleh dua orang penjaga.Oya,numpang pipis di toilet pulau ini bayar air bersih seharga Rp.5000,- lho,hihihihi....

Pulau Beras Basah

Sebelum kondisi laut mengkhawatirkan,sore itu kami kembali ke Bontang dan masih dibuai oleh ayunan ombak yang membuat kami berteriak-teriak kecil.Arrghhhh....pengalaman tak terlupakan!Oya,sore itu sempat-sempatnya pula kami nyalon bareng hahaha....kami bercreambath party di salon yang berada di lokasi PT Pupuk Kaltim,enak tenaaann....Oya,di area ini lumayan lengkap lho fasilitasnya,dari pujasera,swalayan 24 jam,bakery dlsb.

Ditengah rinai hujan di cafe Singapore

Malamnya,Mis MM dijamu kembali kesekian
kali oleh mas Heri dan Mbak Tina di Singapore cafe yang disana ternyata terdapat juga patung Merlion seperti yang ada di Singapore.Woww...nggak usah jauh-jauh ke Singapore ya untuk bisa melihat atau sekedar berfoto dengan Merlion ternyata Bontang juga punya! Menu malam itu kepiting,ikan dan semua yang berbau seafood.OMG aku semakin enduuttt!Malam terakhir di Bontang kami lewatkan ditengah rinai hujan sebelum keesokan harinya kami berangkat kembali ke Balikpapan dengan menggunakan pesawat fasilitas dari PT Badak NGL penghasil liquid natural gas terbesar di dunia!

Tak terasa...lima hari berada di Pulau Kalimantan yang menyajikan aneka keindahan alamnya....wooww mbak Tina aku padamuuu....terimakasih telah menjadikan semuanya ini tak sekedar mimpi lagi,dari sambutan serta traktiran dan pengalaman luar biasa yang diberikan ke Mis MM selama berada di sana.Postingan ini kudedikasikan untuk Mbak sekeluarga dan teman-teman di Kalimantan Timur.Selamat tinggal Borneo....sampai kita berjumpa lagi!

*Dedicated to Mr.Heri Armanto S (Kapolres Bontang),
Mbak Yustina HAS,Mbak Ira Ibonk,Titi Edwin,Rani,Bu Sis,Bu Ngadiman,Pengurus Cabang Bhay Bontang,,Mr. Dwi Nur Setiawan (Kasat Lantas Ku-Kar),Sandra beserta seluruh keluarga besar.GBU all!

yiqin; said...

looks like a lot of fun :D

JudithNatalia said...

yiqin : yes!it was fun.I hope to find another beautiful places again