Thursday, June 9, 2011

Muter-Muter Murah di Solo

Pengen liburan tapi kocek cekak?Tak perlu bingung.Liburan yang dekat dan murahpun bisa kita lakukan jika mau.Dimanapun tempatnya,bagi Mis MM yang penting enjoy ajaaaa....(hmm kok kayak iklan ya?) :D Jauh atau dekat tak penting...yang penting essensinya! Hayaahh.. :)

Dua hari yang lalu,mis MMpun muterin kota Solo dan sekitarnya.Rencananya sih sendirian,tapi ternyata mendadak Julian,teman Mis MM dari Sby yang sedang libur di Yogya dengan sukarela ikutan muter dan tentu saja sukarela dengan action 3N nya mengabadikan gaya mis MM yang malu-maluin! * 3N =
Ndodok,njengking,ndlosor (buka kamus bahasa Jawa) :D

Kami
start dari Yogya pukul 07.00 WIB.tak meleset dari perkiraan sekitar jam 09.00 WIB kami sudah sampai di tujuan pertama di kota ini,yakni....PASAR GEDHE.Lhoo...kok ke pasar??Memang inilah tujuan Mis MM,yakni muterin pasar Gede Surakarta,hmmm...apalagi kalau bukan untuk...nggolek jajan alias nyari jajanan!Pertama kali berada dipasar ini lumayan bikin celingukan...dimana ya letak para bakul jajan?Oowww...ternyata mereka kebanyakan ngumpul dibagian tengah pasar.Begitu menemukan bakul jajan pasar,wah itu rasanya senaaangg bangeett!! Ketemu gronthol,gatot,tiwul,cenil dan sodara-sodaranya!Pas nanya harga perbungkusnya,kaget juga,dengan isi lengkap alias semua ada cuma sekitar Rp.2000,-Bungkus Buuuu!

Jajan Pasar

Dari bakul jajan pasar kami beralih ke...makanan berat!
Fine,agak susah nyarinya karena ternyata makanan berat dalam pasar Gede ini hanya ada beberapa saja,di bagian depan sebelah kanan atas ada pecel,depan pintu masuk juga ada tapi tak disediakan kursi/bangku untuk makan di tempat.Kami malah menemukan soto Bu Harini dibagian belakang.Nah patut dicoba nih!Kami pesan Soto daging plus teh manis hangat.Sotonya ternyata segeerrr...dan tehnya,wuiihhh rasanya pas banget dilidahku,sulit digambarkan.Setelah bertanya pada mbak penjualnya,ternyata teh ini campuran dari teh Gopek dan teh Sintren.Oya,harga soto seporsinya Rp.5000,- plus teh hangat Rp.1500,-


Julian menikmati Soto Daging dan teh hangatnya

Pas menikmati segarnya kuah Soto,kami didatangi seorang Ibu tua yang membawa gendongan untuk menaruh sayur dipunggungnya.Ia menawarkan makanan pisang,
pohong/singkong dll...Tadinya tidak begitu berminat sih,tapi melihat senyum dan kegigihannya akhirnya kami berikan juga uang Rp.5000,- kepadanya.Lho,kok dia pergi?Ternyataaa...dia hanya membantu membelikan kami makanan tersebut,tak lama kemudian ia datang dengan membawa sekeresek pohong goreng dan rebus.Ya ampyuunn...Mbah Nah,demikian panggilannya,masih semangat saja diusianya yang tak muda lagi untuk mencari sesuap nasi.Berapa sih uang yang dia dapatkan dari menolong orang mengangkut barang di pasar atau menolong membelikan sesuatu,seperti yang tadi ditawarkan kepada kami?Uang seribu atau dua ribu bagi kita mungkin kecil nominalnya,tapi bagi Mbah Nah pasti sangat berarti.Mis MM hampir-hampir merasa berdosa bila tadinya menolak tawaran Mbah Nah untuk membelikan pohong.

Ini dia Mbah Nah dengan senyum dan semangat '45nya

Kamipun beralih mencari penjual dawet.Satu penjual ternyata tutup...yaahh...cari yang lain aahh...kamipun menemukan Bu Wiji,penjual dawet telasih yang telah berjualan selama 29 tahun di Pasar Gede ini.Dawetnya yang seharga Rp.2500,- pergelas itu enaaakk...apalagi sambil diselingi mengobrol dengan Bu Wiji soal kios-kios dalam pasar.

Dawet Telasih Bu Wiji

Dawet habis.Perjalanan dilanjutkan dengan mampir sebentar disamping pasar yang ternyata ada viharanya. " Bun,ada klentheng," Julian menunjukkan se
buah vihara yang tak terlalu besar.Namanya Vihara Tien Kok Sie.Disana kami cuma mampir sebentar berfoto,dan langsung melanjutkan perjalanan ke Museum dan Keraton Surakarta.

Vihara Tien Kok Sie

Sejujurnya,tadinya Mis MM nggak tahu lho kalau yang mau dituju ini Keraton Surakarta,pokoknya Mis MM cuma pengen lihat bangunan yang ada seperti menaranya gitu.Eh,nggak tahunya itu dilingkungan Keraton dan menara yang dimaksud itu akhirnya Mis MM ketahui bernama Panggung Sanggabuwana alias menara yang berfungsi untuk semedi Susuhunan maupun sebagai menara pertahanan untuk mengontrol keadaan di sekeliling keraton.Oalaaahhh....
yo wis sekalian sajalah muter-muternya.Keraton Surakarta sendiri letaknya dipusat kota Solo, tepatnya di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon.


Menara ini yang ingin Mis MM lihat

Dengan berbekal tiket masuk Mis MM dan Julian segera menyusuri jalan dari tempat parkir ke arah pintu masuk,wah ternyata harus jalan kaki dulu,sepanjang jalan yang kita lihat adalah tembok pembatas yang tinggi ala Keraton.Mis MM pun baru tahu bahwa lokasi Keraton ini lumayan luas ya,bahkan lebih luas dari Keraton Ngayogyakarta.Muter-muter sejenak dalam museum dan kami temui bahwa banyak juga koleksi muse
um dari mulai guci dan barang antik sampai ke senjata perang seperti tombak, pedang, trisula, dan senjata api milik keluarga kraton.

Beberapa koleksi Museum

Dari Museum kami menuju ke halaman Sasana Sewaka yang berada di samping museum. Ternyata disana kami harus melepaskan alas kaki dan kacamata hitam untuk berjalan di hamparan pasir halus yang diambil dari Gunung Merapi dan Pantai Parangkusumo Yogyakarta,yaahh
nyeker deh!Dihalaman ini Mis MM akhirnya ketemu dengan menara yang bernama Panggung Sanggabuwana,ahh tapi sayang kami tak boleh memasukinya karena tempat ini juga dikeramatkan *kecewatiadaterperi*Ya sud,kami akhirnya hanya berputar-putar dan setelah capek dan ternyata battere BB sekarat,kami putuskan untuk numpang ngecharge di RM Ramayana.Haaaaa...ini numpang ngecharge apa makaaann??Ups,ketahuan.

Setelah mencicipi steak galantine,secangkir teh poci dan kudapan pisang bakar pakai gula jawa dan tak lupa..numpang nge
charge BB akhirnya kami lanjutkan kembali perjalanan.Kali ini kami menuju ke Karanganyar,tepatnya ke Candi
Cetho.Yuhuuuu....berburu candi lagi nih.Setelah dulu Mis MM pernah berkunj
ung ke Candi Sukuh yang berada di Karanganyar juga,sekarang giliran candi Cetho!Perjalanan kurang lebih satu jam dari pusat kota Solo tak terasa melelahkan karena mendekati candi tersebut pemandangan kebun teh keren banget dan menyejukkan mata tentunya.Candi Cetho sendiri terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, pada ketinggian kira-kira 1.400m di atas permukaan laut. candi ini merupakan candi hindu peninggalan masa akhir pemerintahan Majapahit (abad ke-15)








Kamipun mulai berkeliling,mendaki anak tangganya
terlebih dahulu yang lumayan bikin ngos-ngosan di siang bolong.Untung udara sejuk jadi nggak pakai acara keringatan hehe...setelah melihat candi ini ternyata hampir mirip candi Sukuh ya,karena dimana-mana terdapat batu yang menyerupai kura-kura.yang paling menarik perhatian Mis MM adalah susunan batu yang membentuk kura-kura raksasa yang konon sebagai lambang Majapahit. Didepan kepala kura-kura terdapat simbol phallus (kelamin laki-laki) sepanjang kuranglebih 2 meter dilengkapi dengan hiasan tindik.Wow!

Setelah gapuranya,candi ini terlihat memiliki sembilan tingkatan berundak.Di setiap bagian lantai di lokasi candi terdapat seperti ruang berupa rumah namun kecil dan tertutup.Konon di dalamnya terdapat banyak sekali keris-keris.Wah,penasaran,tapi sekali lagi,karena dikunci kamipun tak bisa melihatnya.*kecewauntukkesekiankali*

Nyemplungin koin di Sendang Pundi sari

Oya,dibelakang candi ada Puri Taman saraswati yang terdapat patung Dewi Saraswati pemberian Kabupaten Gianyar Bali dan terdapat pula sumber mata air di sendang Pundi Sari sekaligus juga ada tempat pemujaan...karena sudah tanggung sampai sana kamipun menuju ke lokasi tersebut yang harus mendaki bukit lebih jauh lagi.
Sendang Pundi sari sendiri berfungsi sebagai tempat penyucian diri sebelum sembahyang di candi.Air di sendang tersebut brrrr..dingiiinnn....!

Setelah
mengakhiri acara muter di candi Cetho kamipun segera meluncur kembali ke Yogyakarta.Di tengah perjalanan tak lupa kami mampir ke Bakso Rusuk Palur yang kondang itu,asiikkk ngebakso rusuk dan tetelan yang yummy di sore itu!Disana kami disuguhi musik tradisional siter yang dipetik seorang bapak yang sudah sepuh serta ditemani dua sinden yang juga sudah sepuh.Hmmm....






Nahhh...acara jalan murah ke Solo akhirnya tuntas sudah...pukul 18.00 WIB kami sudah tiba kembali di Yogyakarta.Tern
yata menyenangkan juga muter-muter yang tak menghabiskan banyak uang sekaligus membuat wawasan kita bertambah.Coba kita hitung lagi pengeluaran selama kuliner dan muter di Solo...

  1. Jajan pasar Rp.2000,-
  2. Soto dan teh Bu Harini Rp.6500,-
  3. Singkong satu kresek Rp.5000,-
  4. Dawet telasih Rp.2500,-
  5. Tiket masuk Keraton Rp.10.000,-
  6. Makan di RM Ramayana Rp.25.000,-
  7. Tiket masuk candi cetho Rp.3000,-
  8. Makan Bakso dan es teh Rp.10.500,-
  9. Total Rp.64.500,-
Hmmm...ternyata masih termasuk murah kan acara muter kali ini??Jadi kenapa harus ragu buat muter-muter kala kantong tipis?Hehehe....semangaaatt!

10 comments:

Diana Indah said...

Halahhhh...cakep bener koleksi mueseumnya yg pake baju ungu, hihihi

Ini yg aku nyesell bett tahun lalu ke Solo gag sempet mampir pasar Gede..pengen dawetnya bu wiji ama timlo yg kesohor ;p

zilko said...

waaa, bakso!! Jadi pengen nih!! Susah bgt nemuin bakso disini, masaknya juga susah, hahaha... :P

Ah, andai disini kalo jalan2 juga bisa semurah kaya kalo di Indonesia :D

Diana Ang said...

ew. jadi pengen ke solo lagi. kapan hari cuma sempat makan sup apa gt. cm numpang lewat bntar di solo. jadi lupaaa. belum keliling2 :)

JudithNatalia said...

Zilko...kapan pulang Indo!Makan bakso di Solo yaaa...btw,your blog bikin ngilerrr...(meski disana susah bakso)hahaha...
Diana Ang....ayookk...mampir Yogya sekalian yaaa

zilko said...

huahahaha, blum ada rencana pulang Indo nih. Kalo pulang bakal makan bakso di banyak tempat nih. Di Jogja baksonya kan juga uenak-uenak, hihihi... :)

ngiler gimana?? hehehe... :P Di Belanda sih lumayan, masih "gampang" hitungannya dalam hal mencari makanan2 Asia (ato Indo khususnya), kalo di negara2 lain lebih susah, hehe

JudithNatalia said...

iya zil,ngiler pengen jalan2 muterin belanda gitu...hihihi...berarti disana ada bakso juga kan zil...ayooo bikin sendiri :D

yiqin; said...

<3 this!

Kencono Wungu said...

Ya,..Mbak Judith, kapan-kapan nek rono meneh aku melu..

Kencono Wungu said...

Iyo Mbakk..Kota Solo memang Kota Kenangan..jaman aku isih sekolah..

MBAH JAYA WARSITO said...

SALAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.
KALAU ANDA INGGIN TAU INFO TOGEL, KENAL,KAN NAMA AWA IBU SRI YUNITA, KAMI TINGGAL SARAWAK PEKERJAAN USAHA KECI-KECI LAH, DAN TUKAN MASAK DI RESTORAN ,SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA KI JAYA NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH… KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA KY JAYA BERKAT ANGKA YANG DI BAGI SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTAH ANGKA,4D…5D…DAN 6D…
ANGKA NAIK YAITU,DI.
SPORTS,TOTO 4D,5D, 6D , 4-5-0-6-0-7
SIAPA TAU AWA SEMUA MAU SILAH KAN GABUNG SAMA KAMI,DI BOCORAN RAMALAN TOGEL,KI JAYA…
DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL TGL,25,11 ,2014…
….
SEMUA UTANG UTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI SEMUA,KAMI PUN BISAH MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI AKI/SMS KE NMR INI,085-321-606-847—KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
TOGEL DI,JAMIN [3] KALI PUTARAN…
ATAU, KUNGJUNGGI, BLOG, KI JAYA…
DAN SUKUR ALHANDULILLA MENANG LAGI, …
Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada KI JAYA yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang …Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari KI JAYA yang sangat sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih KI …Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apakaH 2D.3D.4D.5D.6D.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja Pada KI JAYA…di nmr hpnya [085-321-606-847] pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Sukses..!!
DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS….
angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos
angka ritual gaib kuda lari
TOTO, 2D, 3D, 4D, 5D, 6D…
SUPREME TOTO 6/58,/MEGA TOTO,6/52,POWER TOTO 6/55…
MAKNUM 4D,/STS,/88,/DA MA CAI 1+3D,/ DAN LAIN-LAIN parah pencinta togel.
DAN LAIN-LAIN,ITU SEMUA TERGANTUNG PERMINTAAN KAMI…ATAU SEPESIAL DEROH 4D ANGKA RITUAL ADA PADA KI JAYA…..
Di jamin anda pasti menang seperti kami >>>>>>