Wednesday, October 8, 2008

Ini koleksiku,mana koleksimu?

Ada yang membuatku gembira setengah mati bila pulang ke rumah Jogja,our home base.Selain kegembiraanku karena bertemu dan berkumpul dengan Lexy,my charming prince,kegembiraan yang lain adalah aku bisa memandang koleksi barang-barang jadulku.Barang-barang remeh yang kukumpulkan sejak remaja itu mungkin tak berharga ataupun tak berarti untuk orang lain,tapi bagiku bisa memandangnya saja sudah merupakan hiburan tersendiri buatku.Rasanya bisa melayang kembali ke masa lalu.Tentunya masa indah yang selalu ingin aku simpan dan kenang.


Sebelum menulis postingan ini tadi sore aku menyempatkan diri untuk bongkar rak-rak,laci dan lemari di rumah Jogja.Selain beberapa koleksiku,banyak juga pernak pernik jadul yang masih tersimpan.Rupa-rupanya pembantuku di Jogja rapi juga menyimpan barang-barangku yang sejak dulu sebelum kami punya home base selalu kubawa-bawa pindah dari satu kota ke kota yang lain.Ada juga beberapa yang kutaruh di rumah Bandung,tapi sejak dua tahun yang lalu kuambil beberapa yang aku suka dan kusimpan di rumah Jogja.



Eiitttsss....jangan ketawa dulu.Ini memang kekanak-kanakan,tapi inget dooong....ini kan koleksi dari jaman baheula alias waktu masih menjomblo.Eh,ada juga sih yang aku beli setelah punya anak,tapi itu kan jadi mainan anakku juga (Doooo alasaaaann....anakku kan cowok, hahahaha!)Yup,memang benar,beberapa dari boneka itu kubeli sejak aku bisa mencari uang sendiri dengan menjadi announcer di sebuah radio swasta di kota Bandung.Meskipun waktu itu aku sudah kuliah,namun masih saja suka boneka,mungkin karena dimasa kanak-kanak aku malah jarang dibelikan boneka,kali ya?Masa kecil kurang bahagia,hahahaha!



Salah satu favoritku adalah yang ini, boneka sapi.Ini adalah hadiah ulangtahun ke....berapa ya,lupa,kalau tidak salah ke 21 atau 22 dari Arif salah seorang sahabatku.Kalo digoyang pasti keluar bunyi 'moooowww' nya.Kalau sedang bete,biasanya aku sengaja menggoyang-goyang tubuhnya agar bisa mendengar suaranya yang lucu itu dan akhirnya hilang deh betenya.Demikian juga kalau kangen dengan si pemberi boneka tersebut.Arif memang jenaka,jadi kalau kangen banyolannya tinggal pandang bonekanya saja,hahahaha!!



Boneka anjing Pluto ini kubeli sejak Lexy masih dalam kandungan.Aku senang melihat ekspresi Pluto di film kartun.Anjing yang lucu tapi juga lugu.Saat itu kupikir ia bisa menjadi teman Lexy saat di ranjang bayinya,maka sejak Lexy lahir Pluto selalu setia menemani.Saat masih balita,Lexy sering tertawa sendiri melihat dan memeluk Pluto.Meski sudah berumur lebih dari 13 tahun kondisi Pluto masih bagus hingga sekarang.Kadang Lexy membawanya ke tempat Laundry agak tetap bersih.Demikian juga dengan boneka yang lainnya,malah kebanyakan sekarang disimpan rapi dan dibungkus plastik agar tak kotor.Ide yang bagus,Lexy!




Satu lagi boneka yang masih kupertahankan hingga kini adalah si " CITTA" Boneka beruang putih berukuran sedang memeluk anaknya.Dalam gambar Citta berada di samping boneka bantal Sponge Bob.Boneka ini sudah berusia lebih dari 15 tahun dan dibeli dari salah satu swalayan di kota Ambon,Maluku.Meskipun ada beberapa orang yang pernah memintanya namun Citta masih kupertahankan.Bukannya pelit.Tapi ada sejarahnya niiih....ini adalah pemberian dari 'mantan' yang saat itu akan menikahiku.Beberapa hari menjelang hari pernikahan kami berdua berjalan bersama,pas di swalayan aku jatuh cinta banget sama boneka beruang itu.Aku berdiri lama memandangi sampai sang 'mantan' bertanya,"Kamu suka ya?Ya udah ambil aja aku beliin," Wow....senangnya hatiku!! Setelah menikah baru kutahu saat itu sebenarnya uang di dompet 'mantan' tinggal Rp.30.000,_ dan semuanya ludes untuk dibelikan boneka beruang tersebut!Duuhh,aku sampai terharu....ternyataaaa! Makanya,meski salah seorang polwan di Ambon meminta Citta untuk kenang-kenangan,aku tetap bersikeras memilikinya.Bukan masalah harganya yang tak seberapa,tapi nilai historisnya,hehehe....Akhirnya Citta ikut kami berpindah-pindah dan kini ia menetap di rumah Jogja di sebuah rak berwarna Hijau tua.Mau tahu nggak kenapa ia dinamakan Citta?Citta itu singkatan dari Cinta Kita.Norak gak siiihh?! Wakakakaakkkk!!




Koleksiku yang lain adalah postcards.Aku cinta kartu pos-kartu pos ini sejak duduk di bangku SLTP,yaitu sejak Bapak sering keluar negeri mendapat tugas kursus ataupun sekolah dari POLRI.Seringnya Bapak mengirim kartu pos bergambar pemandangan,membuatku rajin untuk mengkoleksinya.Kadang aku titip atau minta tolong dibelikan bila ada yang bepergian keluar negeri,sampai-sampai beberapa teman suamiku yang sekolah atau tugas di luar aku repotkan dengan kegemaranku ini,hehe....thanks ya mas-mas yang baik!



Sebenarnya ada beberapa lagi koleksiku,seperti koleksi pensil,perangko dan beberapa barang-barang kecil,namun sekarang sudah tidak lengkap lagi.Seperti koleksi perangko ada beberapa buku yang hilang saat aku pindah dulu.Koleksi pensil yang kutinggal di rumah Bandung malah hilang satu persatu entah siapa yang mengambil,maklum,sejak tahun 1994 aku sudah tidak tinggal di sana lagi.Aku juga mengkoleksi buku sejak SD dan semua buku itu akhirnya dipinjamkan untuk umum karena ditangan kakekku ruangan buku kami disulap menjadi perpustakaan.Sialnya,sejak kakek meninggal koleksi buku banyak yang raib karena tidak ada yang mengurus perpustakaan kami lagi.


Mempunyai barang-barang koleksi memang menyenangkan,karena kadang bisa menjadi hiburan bagi orang yang bersangkutan.Namun mempunyai barang koleksi juga dibutuhkan ketelatenan dalam merawat dan menyimpannya.Seperti seorang teman yang juga mempunyai kegemaran dalam mengumpulkan sesuatu.Dia sampai jungkir balik merelakan seluruh waktunya untuk merawat dan menyimpan barang koleksinya tersebut agar tetap aman,baik dan kinclong.Ya iyalah....yang dikoleksi berlian,gimana nggak harus ekstra hati-hati!

3 comments:

Z - i - l - k - o said...

hahahaha, koleksi juga bisa jadi sarana nostalgia yah, haha... . Mikir: "Wah, yg ini dulu beli pas ini, yg itu dikasi si X, dll", wahahhaa....

JudithNatalia said...

Hooh....iya Zil..eehhh begitu liat barangnya langsung inget sama yang dulu2....wakakakakk!!

jokjaicon said...

Koleksi ku??? wah gimana mow nunjukin_a mbx??? sebagian koleksi_qw lg terbang (nganter2 minuman, sm peragaan pelampung dipesawat).. sebagian lagi gabung sm temen2 cowo_a, ngatur lantas atw ketak ketik SKCK.. wakakakaka