Thursday, February 26, 2009

Air terjun Cobanrondo

Suka wisata ke air terjun?Kemarin-kemarin aku malah mencari air terjun mana saja yang bisa didatangi...bukan untuk mencari wangsit supaya tambah rajin muter-muter lho...tapi memang sedang suka memandangi air yang mengalir dengan suasana yang dingin-dingin empuk.

Selain air terjun yang ada di Maluku Tengah tepatnya di Masohi (maaf-maaf sudah lupa namanya,faktor U lebih dominan)air terjun lainnya yang pernah aku kunjungi adalah air terjun Bantimurung Sulawesi Selatan,Air terjun Nglirip Tuban,Sedudo Nganjuk dan juga Air terjun Cobanrondo di Malang.Nahh,buat yang jalan-jalan ke kota Malang,rasanya gak afdol deh kalau tak mampir ke air terjun Cobanrondo.

One day in Cobanrondo

Terletak di Desa Pandansari Kecamatan Pujon,kurang lebih 13 km dari kota Batu,Malang air terjun ini berada.Untuk sampai ke sana kita melewati deretan pohon cemara dan pinus serta hawanya yang sejuk dan pada waktu aku ke sana lumayan bikin gigi gemeletuk saking dinginnya,apalagi bila terkena percikan air terjun ters
ebut.Aku,Dewi dan mbak Hang pada waktu itu diantar oleh mbak D.Ida yang kebetulan berdomisili di Malang.Yuhuuuu...jadi juga main air kitaaa!

Joko Tarubnya mana???

Kalau melihat nama air terjunnya yang ada unsur-u
nsur 'rondo'nya alias janda,lumayan bikin penasaran juga.Akhh....jangan-jangan kalau main ke sana terus bisa mendadak dangdut jadi janda??Ternyata dugaanku salah besar.Karena ini hanya sekedar cerita legenda,yang konon dahulu kala ada sepasang pengantin yang baru menikah bernama Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro dan Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi yang merencanakan bepergian ke Gunung Anjasmoro setelah menikah.Tetapi tiba-tiba ditengah perjalanan mereka bertemu dengan Joko Lelono yang ingin memiliki Dewi Anjarwati.Maka Raden Baron memerintahkan bawahannya untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati ke tempat yang ada Cobannya (air terjun),setelah itu Raden Baron Kusuma bertanding dengan Joko Lelono.Akhir cerita,mereka berdua sama-sama gugur dalam pertempuran dan karena Raden Baron meninggal maka Dewi Anjarwatipun menjadi'rondo' yang konon duduk di batu bawah air terjun Coban.Jadilah nama Cobanrondo yang kini dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Malang.


Fiuuhh...selameeettt...berarti kalau ke sana jangan pernah takut tiba-tiba menjadi 'rondo' seperti Dewi Anjarwati,itu semua cuma legenda....hehehe....!Yuk kesana,tapi jangan lupa buat yang nggak betah udara dingin bawa perlengkapan masing-masing,mareeeeee......


11 comments:

G said...

Mareee juga mbak (^_^) Ooh jadi itu legenda-nya toh. Malang masih dingin mbak? Soalnya waktu terakhir ke sana, sudah ga sedingin biasanya, bahkan Selecta udah agak gerahan, ini katanya org Malang sendiri loh, hihi, saya siy masih kedinginan... (^^,) Sayangnya waktu ke sana kok ga ada yg ngajak ke air terjun segala, huhuuu... Lain kali deh, klo ada ksmpatan ke Malang pasti ke air terjun Cobanrondo. Sip!

Erik said...

Rondo itu janda ya miss?

Asyik bisa main ke air terjun lagi

budiawanhutasoit said...

dith,
kalo ga salah ya..aku pernah nih ke cobanrondo..ambe mantan-ku arek suroboyo...duluuuu banget..
bagus tempatnya..

Kang Eko, said...

tempat untuk cari rondo ( ha ha ha )

JudithNatalia said...

Mbak G: Ya lumayan mbak buatku masih adem apalagi di Batu,brrrr...pernah sampek menggigil gara2 PD gak bawa baju anget wakakakkkk!!

Mas Erik:Yup yup...betuull...

Mas Budiawan: Cie cieee...suit suiitt!Coba waktu itu kita udah kenal,pasti aku buntutin wakakakak!!

Kang Eko: Hahahaa....pengalaman pribadi??

LOMBOK! said...

jumat (27/2) Daop 8 Sby uji coba KA wisata Djoko Kendil. silakan coba. ntar liputannya segera kuposting deh :)

LOMBOK! said...

whehehehe...
makasih buanyuak mbak atas komennya.

btw, kok shoutboxnya diilangin?

Milla Widia N said...

wwiiii aku sukaaaa sekali air terjun

apalagi air terjun dg pemandangan pegunungan dan pohon2 ridang
aduhh adem benerrr...

ini potona bagus2 ;)

supris said...

weh...indah ya..suejuk lho..suejuk...hehe...dah pernah ke sedudo neng?

Nyante Aza Lae said...

*mbayang-bayangin klo aja ada bidadari yg mandi...hiks

bunda azka said...

weh... coban rondo ya. mmg punya misteri tuh air terjun.

aq juga posting mb ttg coban rondo
http://www.azk4.com/2009/01/coban-rondo.html