Monday, March 9, 2009

Bertemu ular dan kalajengking di Ratu Boko dan Banyunibo

Mbak Shant salah seorang teman dari dunia maya datang ke Yogya.Weeww...kebetulan pas aku juga di Yogya,singkat cerita pencet telpon,janjian ketemu untuk jalan-jalan,foto-foto dan wiskul.Benar-benar liburan kali ini menyenangkan dapat teman yang suka jalan dan juga bernarsis ria.Klop.

Tujuan pertama kami ke Candi Ratu Boko.Sebenarnya aku sudah pernah mengunjungi Candi Ratu Boko,tapi karena mbak Shant belum pernah sama sekali ke tempat yang perkirakan dulunya adalah seperti istana/keraton ini,aku memutuskan untuk kesana untuk yang kedua kali.Tetap asyik,bukan hanya karena lokasinya bagus untuk dinikmati tapi juga kami sudah semangat duluan berpoti-poti (naaahh...istilah poti-poti ini mbak Shant yang menciptakan hehe)...hajaaarrr!

Gapura pertama Ratu Boko

Ratu Boko sendiri terletak di dekat Prambanan,kurang lebih 3 km dari pertigaan Prambanan dan arahnya menuju ke bukit.Buat yang suka pemandangan 'sejuk' waahh tempat ini keren sangaaaatt...dari sanapun kita bisa melihat pemandangan kota Yogya dan juga Candi Prambanan.Mbak Shant yang baru sekali itu menginjak Ratu Boko langsung mengeluarkan 'senjata andalannya' juga yakni camera.Action,mbaakkk...gaya pooolll!! Kebetulan karena kami datang pada waktu hari libur maka disana kami bertemu dengan beberapa fotografer/yang sedang belajar jeprat-jepret.Melihat kami yang akan beraction,eehh ada seorang Bapak yang menawarkan diri menjepret kami.Nah,giliran Bapak itu yang bingung melihat gaya kami yang super-duper hot,norak dan pede abiiiss!Ngowoh dot com deh beliau.....Mmmm....nganu Pak....jangan salahkan Bunda mengandung!

Tunjuk awan di gapura kedua

Kompleks Ratu Boko ternyata luas juga,terdiri dari gapura utama,lapangan,kolam,batu-batu, gua,serta ada pula lokasi pembakaran.Dari gapura kedua terdapat juga yang dinamakan candi batu putih karena berbahan dasar batu berwarna putih y
ang dekatnya ada candi pembakaran tempat membakar jenazah pada jaman dahulu.Pada saat kami ingin berfoto disana ternyata hujan turun,yeeeeee....cuma sempat dua jepretan dan langsung kabur deh.


Meskipun hujan turun,cuaca pada saat itu panas,untuk mbak Shant yang berdomisili di Bandung pasti menyiksa sekali tuh,jangankan mbak Shant,aku juga ikut kipas-kipas cari angin meski tetap semangat 'jepret dan menjepret'.Sayangnya kami tak sempat mengelilingi semua yang ada di lokasi ratu Boko,keburu lemes panas dan letih lesu.Akhirnya kami jalan kembali ke parkiran dan ditengah jalan....tebaklah kami bertemu apa.Ular yang asyik melintas depan kami,hiiyyyy....ular nyasar doyan bergaya (kata ular:"E
mang lu aje yang bisa bergaya??")*Kami mindhik mindhik kabur*

Sampai di parkiran kami mampir ke restaurantnya.Selain mencari yang dingin-dingin untuk menambah semangat jalan kembali,kami melihat ada hiburan sekelompok penabuh gamelan lengkap dengan sindennya.Mulai deh kami gatal untuk tak ketinggalan ikut beraction dengan mereka.Numpang foto buuuu....eh eh,mereka juga senang lho ikut dijepret,sampai pakai salaman dan menyapa kami.Sinden dadakan ni yee.....sayang kami lupa tak memakai kain dan kebaya plus sanggul......

Nyinden buu??

Tujuan jalan kami berikutnya adalah Candi Banyunibo yang juga tak jauh dari Candi Ratu Boko,sekitar dua kilometer ke arah Tenggara di dusun Cepit Bokoharjo tepatnya.Arti dari Banyunibo sendiri adalah air yang menetes,tapi setelah celingak celinguk kok nggak ada unsur air ya disana...

Di sudut Candi Banyunibo

Dari bentuknya terlihat candi ini peninggalan agama Budha.Di dinding sebelah kanan terdapat relief wanita yang di kelilingi anak-anak,sedang sebelah kiri ada relief pria yang sedang duduk.Di dinding luar candi sendiri terdapat arca Boddhisatva,terdapat relung-relung pula yang dihiasi kala-makara.Sekali lagi tak ketinggalan kami juga meneruskan acara narsis kami,sekaligus juga berfoto dari belakang candi yakni di lokasi kebun jagung yang telah di panen.Pada saat kami berfoto segerombolan kambing-kambing ada disekeliling kami,alamaaakkk...punya penggemar saja kok kambing wakakakakk!!Oya,sekali lagi saat akan menuju mobil kami bertemu dengan binatang yang tak kalah 'sangar'nya dari ular,yakni...kalajengking/scorpion.Mimpi apa malam sebelumnya yaaa...kami kok bertemu binatang-binatang 'sangar'tersebut....cckk cckkk..berjodoh benar.

Di lokasi inilah kami dikerumuni fans:kawanan kambing

Hari semakin siang,kamipun menyudahi acara jalan,dan giliran berikutnya adalah wiskul!Pas banget,pas laparnya.tapi untuk tujuan kami makan siang,hmmmm.....nanti saja di postingan yang akan datang ya....aku harapkan tak ada yang sampai meneteskan air liurnya menunggu postingan berikut.Sabar buuuuu!

8 comments:

supris said...

wah...photonya sangar2 neh....coba kalo di mesir,...penggemarnya ganti unta...bukan kambing..he.he

Diana Ang said...

hahaha. welcome back to blogging :D
duh. duh. penasaran sama menu makanan nya ni :P

Anonymous said...

soalnya ulare tau mbak Jude,,,,
wah nih temen gw dateng dari jauh
secara yah gw getu loh pake seragam ulo weling
jadi mereka say hello

budiawanhutasoit said...

ularnya ga sempet difoto ya dith..
gede ga? segede anaconda ya?

yg paling aku tunggu makan2nya..
eh..ternyata to be continued..
ok deh ditunggu sambungannya..

JudithNatalia said...

Hahaha...ini mbak Shant ya anonymous...habis mbak make baju ala ular weling sih tuuu jadinya si ular ikut jatuh cintrong!piye wis bikin blog??Siippp....aku dukung!

Mas Budiawan,
ularnya sih gak seberapa,tapi takutnya kita ini yang gedenya amit amiitt!
Postingan baru silahkan dinikmati...isinya makanan!!Selamat ngiler...

ika rahutami said...

asik ya dith ketemu sesama narsis... hehehee
kudu begitulah... mumpung masih bisa bergaya poti2

Lyla said...

wah... kok gak pas cerah mbak... konon katanya sunsetnya terbagus di dunia

Diary Pink said...

weh... moga2 aku pas kesana nanti gak ketemu sama ular dan kalajengking... serem dahhh