Friday, August 22, 2008

JALAN-JALAN YUUK...!!!

Beberapa teman dari dunia maya (Friendster,Multiply,Facebook atau Tagged ) selalu mengomentari ketika aku upload foto-foto terbaru setelah pulang dari bepergian.Ada yang komentar,"Jalan-jalan lagi??Cape deehh..." atau,"Mbak nggak capek jalan-jalan terus?" dan masih banyak komentar maupun pertanyaan semacam itu.Lebih parah lagi ketika ada yang "menuduh"ku banyak uang sehingga bisa sering-sering bepergian,hahahaha!!Tentu saja yang ini tidak benar.



Aku cuma seorang Ibu rumah tangga biasa yang tak mempunyai karir di bidang apapun.Jadi satu-satunya pemasukanku hanyalah mengandalkan gaji suami yang seorang anggota Polisi.Selama ini orang pasti menganggap aku punya budget khusus yang dipersiapkan untuk kesenanganku yang satu itu,travelling.Padahal sama sekali tidak.Aku suka sekali bepergian,namun tak pernah memaksakan keinginan untuk bepergian ke tempat yang tentu saja tak terjangkau kocek.Dan untuk diketahui,hobbyku ini berlangsung sudah lama,sejak aku belum menikah dan punya anak.



Bagiku bepergian bisa kemana saja,tak harus tempat yang jauh dan memakan banyak waktu maupun menguras isi dompet.Sebagai contoh,bila sedang bokek maka cukuplah bagiku bepergian ke tempat yang dekat-dekat saja.Sekitar Bojonegoro inipun cukuplah.Jujur,aku pernah 'hanya' berjalan-jalan menikmati hutan jati yang cantik dan kebun jagung milik orang yang mempunyai pemandangan indah berupa sungai di dekatnya,yang kesemuanya tadi hanya berjarak beberapa kilometer saja dari rumah,hahaha!Namun,meskipun hanya berjalan-jalan di hutan jati aku sudah merasakan kenikmatan luar biasa yang tak bisa dibandingkan dengan apapun di dunia ini.Merasakan keindahan alam tak harus pergi jauh-jauh atau bahkan keluar negeri,bukan?Di Nusantara ini begitu banyak tempat yang bisa kita kunjungi dan kita nikmati keindahan alamnya.



Bila aku bisa berkesempatan jalan-jalan sampai jauh dan keluar negeri itu semuanya hanyalah nasib baikku.Ya,aku mengatakannya nasib baik.Karena tanpa membutuhkan budget yang besar dan proses yang berbelit-belit aku bisa melakukan hobby travellingku ini.Sebagai contoh,aku pernah dengan mudahnya melancong sampai ke negara Inggris karena pada saat itu Bapak sedang sekolah di sana.tentu saja kesempatan ini tak kulewatkan.Aku bisa menebeng di Flat Bapak di Bath yang kebetulan Bath adalah salah satu kota tujuan wisata di Inggris.Dapat dibayangkan betapa senangnya aku bisa jalan-jalan mengelilingi kota Bath,Oxford dan juga kota-kota disekitarnya ditemani beberapa teman summer course dari City of Bath College.Kesempatan jalan-jalan keluar negeri yang tak terduga lainnya adalah saat bepergian ke Batam dan ditawari untuk menyeberang ke Singapore.Waaaaahhhh...siapa yang tak mau?Dengan modal berfoto untuk kartu identitas yang tak berbelit-belit prosesnya akupun dengan mudahnya sampai ke negara tetangga itu.Terus terang harus aku katakan nasib baiklah yang selama ini menyelimutiku,terutama dalam hal travelling.Bahkan ketika bepergian ke dalam negeripun tanpa mengeluarkan budget banyak aku bisa mewujudkannya.Selalu saja ada jalan yang memudahkan.Seperti misalnya hotel dan transportasi selama di tempat tujuan kadang aku bisa mendapatkannya dengan mudah karena selalu saja ada teman yang menawarkan secara gratis,hahaha!Paling-paling aku hanya mengeluarkan anggaran untuk makan dan transport ke tempat tujuan.Kadang aku merasa tak enak juga bila 'merepotkan' teman-teman ditempat tujuan,tapi bila tak memberitahu mereka kadang malah aku yang susah.Pernah sekali waktu aku diam-diam pergi ke Sulawesi dan ternyata secara tak sengaja aku bertemu seorang teman yang langsung marah-marah karena merasa tak kuberitahu aku bepergian ke tempatnya.Serba salah kan,tak mau merepotkan malah kena semprot karena ternyata mereka senang-senang saja direpotkan,haha!Thank you,guys!


Ada yang bertanya,tempat mana yang paling berkesan yang pernah kudatangi...fiuuhh,susah menjawabnya,karena bagiku semua tempat sangat cantik dan berkesan.Semua mempunyai keindahannya tersendiri yang sulit untuk dibanding-bandingkan,even,untuk hutan jati maupun kebun jagung milik orang yang kuceritakan di atas.Namun bila boleh jujur,Banda Neira adalah salah satu tempat yang sangat kuidamkan untuk datang kembali kesana.Lautnya cantik!Pemandangan gunung berapinya fantastik!Mendiang Putri Diana pun bahkan pernah mengunjungi tempat tersebut.Masih terekam di memory saat aku dan Hanny,sahabatku,berdua berkeliling pulau tersebut dengan menggunakan sepeda yang disewakan.Istana mini peninggalan kolonial Belanda menjadi salah satu tempat yang kami kunjungi.Demikian juga rumah-rumah tempat pengasingan dari Bung Hatta dan Sjahrir yang berada di gang-gang kecil perumahan penduduk di pulau ini.Buat yang suka menyelam,keindahan lautnya wajib dikunjungi.



Tempat lain yang masih kuingat dengan baik adalah Toraja.Rumah-rumah adat masyarakat sana yang (hampir)mirip dengan rumah asli masyarakat Batak yaitu Tongkonan seakan meyihirku untuk betah berlama-lama memandangnya.Kemudian Londa,kuburan dinding berbatu,yang disekitar dindingnya banyak patung-patung dari orang yang telah meninggal yang kita sebut tau-tau.Di dalamnya begitu banyak tulang belulang manusia.Saat kesana,sebetulnya nyali menciut ketika ditawari untuk ikut masuk ke dalam gua,tapi kepalang basah,jauh-jauh kesana buat apa jika tak melihat,maka dengan dag-dig-dug masuk jugalah aku.Setengah merem aku melihat tumpukan tulang,malah ada jenazah yang masih kelihatan rambut serta kacamatanya yang akhirnya terbawa dalam mimpi dan membuat ketakutan semalaman di hotel.Hiiyy!



Bicara soal jalan-jalan dan tempat wisata tentu tak ada habisnya mengingat begitu banyak tempat wisata yang bisa kita tuju di bumi Nusantara ini.Seperti keinginanku untuk bisa mengunjunginya satu persatu,namun lagi-lagi aku tipe orang yang nggak begitu ngoyo,jika ada waktu saja sudah syukur,apalagi budget yang cukup.Langsung deh,cabuuutt!!Kemanapun jadilah,tak perlu yang jauh,lagi-lagi,bepergian kan tak selalu harus ke tempat yang jauh.Masih banyak pemandangan indah didekat kita yang bisa kita nikmati.So,jalan-jalan....siapa takut?!

2 comments:

ika rahutami said...

hai dithhhhh
akhirnya aku nemu kamu di blogspot...
kangen...
jalan yuk
bikin ladies program yuk... jalan berapa hari gitu dith

jokjaicon said...

Jalan-jalan??? Wah... ayuuuk mbak..ayuuuuk... hehehe...
Lha klo mbx jude jalan2 bagian dari refreshing n entertaint... kalo sy emang nyari 'makan' a jalan2... kantor a di jalan.. rumah a di jalan... tp dont worry mbx.. klo 'soulmate' ga di jalan kok.. masak iya dong.. iya sih.. hahahahaha