Thursday, April 2, 2009

Mengenal Batik dan bernarsisiana di keraton dan Pulau Cemeti

Jalan-jalan ke museum?Ugghh....siapa takuuuttt??Lagipula ada teman yang suka banget batik ikut menemani.Kali ini teman jalanku adalah Ayu.Ayu yang (kembali) cuti dan pulang kampung ke Magelang janjian dengan mis muter buat acara bernarsis ria dan kangen-kangenan.Tadinya sempat bingung memilih lokasi yang sekaligus bisa merangkum semua tujuan kami bertemu ini.Tapi begitu ingat Ayu suka juga dengan batik,kenapa tidak mencoba menyambangi museum batik ya?

Setelah sepakat dan akhirnya mencapai kata muf
akat(ihh kayak meeting ya) akhirnya ada beberapa tujuan jalan kami,yakni museum batik (yang utama),kemudian keraton dan pulau cemeti di Tamansari.Pas...bisa mengenal lebih lanjut tentang budaya sekaligus acara narsis juga terpuaskan.


Setelah janjian bertemu di Galeria,kamipun segera menuju museum yang terletak di jalan DR.Sutomo 13 A Yogyakarta.Letaknya tak persis di pinggir jalan,namun agak sedikit masuk ke gang.Tak sulit menemukannya karena ada papan petunjuknya.Tadinya hanya untung-untungan juga sih ke sana karena kami tak tahu pasti jam bukanya.Tapi untunglaahh...pas di depan pintu kami tak ditolak karena masih jam buka.Oooo...ini to museumnyaa...begitu aku berguman.


Kami bertemu dengan pak Prayoga yang mengantar kami berkeliling dan menunjukkan koleksi batik-batik disana.Woowww....kereeeennn....aku nggak menyangka,ternyata museum ini memiliki beberapa koleksi batik juga yang umurnya sudah tua sekitar tahun 1800 an.Surprise,surprise!Buat para pencinta batik pasti ini surganya.Aku sendiri suka batik namun tak terlalu paham,tapi dengan berkunjung ke museum tersebut minimal aku jadi tahu asal batik dari mana saja dan beberapa jenis batik yang dipergunakan untuk berbagai keperluan acara.Ternyata ada artinya ya.Kupikir sembarang batik bisa saja digunakan untuk acara apapun.Kebayang kan kalau ada batik yang seharusnya dipergunakan untuk menghadiri acara layatan orang meninggal malah kita pakai untuk menghadiri acara ulangtahun atau pesta pernikahan??Bubraaahhh....hahahaha!

Ayu dan batik

Ayu sendiri yang lebih aktif bertanya-tanya soal batik ke Pak Prayoga,aku malah asik pengen motret Ayu,hihihihi....pas banget membayangkan Ayu mengenakan batik di tempat ini.Putri Jawa sekali deh kelihatan anggun.Oya,di sana juga
kami melihat koleksi canting dan alat cetak batik,wah waahh....banyak juga lho....sepertinya untuk belajar tentang batik tak cukup sehari deh.Sedang asyik-asyiknya melihat-lihat koleksi batik,ternyata Ibu Dewi Nugraha pemilik museum ini dari generasi ketiga datang.Ibu yang sudah sepuh ini ternyata masih bersemangat juga,malahan beliau menceritakan tentang beberapa sulaman yang dibuat beliau dan beberapa koleksinya pun ada di ruangan sebelah.

Di lemari inilah koleksi batik tertua

Selesai berkeliling dan melihat pula koleksi sulam
bu Dewi,Ayu ternyata naksir beberapa potong blouse batik yang dijual juga disana,mumpung deh di Yogya,borong Yuuu....lagian modelnya cantik banget! Pas buat Ayu yang langsing :)

Pak Prayoga memperlihatkan koleksi alat cetak batik

Kalau tak ingat waktu bisa-bisa nginap juga nih di museum sambil meluk kain batik,wakakakakk....aaahh sudahlah,berlanjutlah kami ke tempat yang berikut yakni keraton.Namun kali ini kami tak beruntung,ternya
ta keraton buka sampai pukul 14.00 WIB saja padahal kami sampai disana pukul 15.00 WIB,yaahh...batal deh melihat-lihat isi keraton....namun dasar kami tak pernah mati gaya,tetap saja acara 'main' di keraton berlangsung,acara narsisiana terjadi di halaman belakang....foto-foto dengan disaksikan kucing yang berlalu lalang di depan kami seakan ingin ikut bergaya....dooohh puuusss....minggir dikit,napaaa....

Buka pintu..buka pintu..beta mau masuke

Dengan gaya jongkok,ndelosor,berdiri,duduk dan s
ebagainya sampai mabok kami puaskan di sana.Untung.....pak Sultan tidak melihat kegenitan dua orang 'turis' ini beraksi di halamannya,hahaha.....!Action terus,pokoknya anti mati gaya!!Duh Gusti Pangeraaannn....



Acara centilwati tak berhenti disana,kamipun lanjut ke pulau Cemeti yang berada di Tamansari.Bangunan tinggi yang dulunya dijadikan tempat beristirahat sekaligus tempat mengintai Raja ternyata kondisinya memprihatinkan.Aku dengar ini termasuk salah satu situs yang terancam punah,wah sayang,tapi meskipun demikian masih saja banyak yang mendatangi tempat ini,terutama saat senja....yang kata orang melihat sunset disini aduhai rasanya.Wehhh...memang aduhai,bagus banget buat lokasi foto,tapi terlalu banyak orang yang datang pada saat kami disana,sepertinya kami berebut lokasi bagus untuk berfoto,iihh gemes deh!

Reruntuhan bangunan di Pulau Cemeti

Ayu sendiri yang phobia ketinggian kebanyakan tak berani lihat kebawah,waduuuhhh...Yuu...apa perlu butuh bantuanku buat nuntun....wakakakakak...tapi biar takut-takut,acara foto sih tetap jalan dunk.Mana mau rugi,sudah sampai disini.lagia
n motret matahari terbenam asyik banget yaa....cckkk cckkk....kamera sampai menjerit!


Sepulang dari Pulau Cemeti,kami belum lagi berpisah karena akan melanjutkan acara wiskul,dan kali ini tempat makan yang akan kami datangi masih dekat dengan keraton,yakni di alun-alun utara,ROYAL,resto yang berdampingan dengan gallery ini sepertinya menarik untuk dinikmati kelezatan makanannya.Tapi...khusus cerita makanan dan restonya di postingan selanjutnya aja yaa....sabaaarrrr....


7 comments:

bunda azka said...

mmg asik ya klo jalan-jalan smbil lihat khas daerh tersebut. Batik mmg budayanya indonesia tuh, erlu dilestarikan

winChe said...

waaa..
mba ke jogja y?
foto2 di taman sari kan mba?
asik bgt viewnya bwt foto..hehe

andri said...

walaaaah acara makannya ditunda????? udah kadung ngiler niiii

Nyante Aza Lae said...

klo inget pulau cemeti
inget betapa eksotisnya kawasan itu
palagi klo photonya dibikin gaya jadul...hmmm

mis muter-muter said...

Bunda Azka :betul...setuju....

Wiche: Hehe iya Win...Pulau cemeti di Tamansari,betuulll...asyik sih asyik tapi kalo phobia ketinggian ya lumayan haha...

Andri: Tuuu udah diposting kok,silahkan 'mencicipi' yaa

Nyante aza lae: iya ya,baru kepikiran....aah telatlah abang ni kasih tau haha

emastok said...

bagus nak......teruskan bakatmu yah.

bpk muliadi said...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل