Friday, May 15, 2009

Kelayapan di Kebun Salak

Setelah lama vakum dari menulis dan mengupdate blog akhirnya mis MM (Muter Muter) nongol lagi.Memalukan memang sampai tak ada waktu untuk menulis,padahal bahan yang mau di share numpuk.Ugghhh...
Kalau ada kesempatan mengaku dosa tak ngeblog
pasti aku akan acungkan jari terlebih dahulu hahaha...!Ok,untuk menebus semua kesalahan aku akan mulai menulis lagi,tapi (lagi-lagi nawar) nyicil yaaa....dan yang pertama akan aku share kali ini adalah tempat yang baru saja kukunjungi tadi siang.Jangan heran bila kali ini tujuan jalan mis MM agak nyeleneh,mis MM akan ajak teman-teman kelayapan di kebon!


Eits,yang ini bukan kebun sembarang kebun lho,ini kebun salak yang bisa kita petik dan nikmati buahnya hingga sesuka hati.Mau sampai mules makan salak disini juga boleh,hehehe...
Nama tempat ini sendiri adalah Tempat wisata salak Pondoh (Argo Wisata) yang terletak di Desa BangunKerto,Kecamatan Turi,Sleman,sek
itar 25 Km dari pusat Kota Yogyakarta.

Meskipun sudah bertahun-tahun tinggal dan mondar-mandir di Kota Yogyakarta,namun belum pernah sekalipun aku saba kebun salak di Turi ini.Berbekal dari rasa penasaran inilah aku memutuskan untuk mampir ke Argo wisata di Turi tadi siang.Ternyata tak sulit menemukan tempat ini,sepanjang jalan ada papan petunjuknya dan sejauh mata memandang hanyalah pohon salak,salak dan salak yang terhampar di kanan kiri jalan.Buat penggemar buah salak pasti rasanya gemes dan ingin cepat-cepat memetiknya.

Tempat wisata Salak Pondoh sendiri ternyata luas.Terdapat taman bermain,kolam ikan dan kolam renang untuk anak-anak(yang maaf,kondisinya kurang terawat) serta diseberang argo wisata tersebut terdapat pula tempat penampungan benda-benda cagar budaya,peninggalan purbakala.Yang menarik perhatianku sendiri adalah petak-petak kebun salak dan juga benda-benda purbakala tersebut.

Cagar Budaya

Sebelum memutuskan mblusuk-mblusuk kebun salak aku sempatkan melihat-lihat benda-benda cagar budaya yang hanya tinggal beberapa buah saja,tak terlalu banyak.Terdapat Lingga,Yoni,arca Nandi yang kepalanya pun sudah tak ada.O..o..kemanakah potongan kepalamu wahai arca??Selain itu juga ada lesung dan makara,
yakni hiasan berbentuk ikan berkepala arca yang diyakini sebagai penolak bala.Biasanya terdapat di candi-candi.Kata penjaga tempat tersebut benda-benda ini ditemukan disekitar Turi.Benarkah??

Yoni

Makara

Setelah melihat-lihat akupun segera menuju kebun salak yang berjarak sekitar 100 meter dari tempat penjualan tiket.Pak Subiyanto yang memandu malah menerangkan beberapa hal yang baru kuketahui tentang salak.Ternyata pohon salak itu ada yang jantan dan betina ya,halaaahh...kok kayak binatang?Dan ada jenis Pondoh Super,biasa dan masih banyak lagi jenisnya.Setahun bisa tiga hingga empat kali panen tergantung cuaca,dan panen raya biasanya sekitar bulan November-Desember.Petak -petak ini sendiri disewakan ke masyarakat Desa tersebut,dengan hitungan per-rumpun disewakan sekitar Rp.5000,- sedangkan lahan yang kosong perpetaknya dikenakan biaya sewa Rp.400.000,-



Salak Pondoh super atau biasa?

Wah,bertambah nih wawasan tentang salak.Setelah memetik salak dan makan di tempat,Pak Subiyanto malah membawakan beberapa biji salak untuk kubawa pulang.Terimakasih ya Pak!Dan sebelum pulang,aku mampir ke toko koperasinya untuk membeli beberapa bungkus keripik,dodol dan jenang Salak.Nyam nyaaaammmm!

14 comments:

ika rahutami said...

hahaha....judith is back...

mis muter-muter said...

doaken gak males lagi ya mbak haha

Angsoka47 said...

pesen dong salaknya, ntar deh juni mampir kesana... btw, baru sekali mampir, lagunya ok banget..

rei said...

Aku mau dunk salaknya...Hiks...cuma bisa ngiler liat km ngunyah2 salak disana...

Jujuk...thanks ya...
Tambah informasih tentang jogya ne...

eviejpu said...

horeeeeee...ngeblog lagi..semoga nulari aku..hehehe..
Btw suami dan anak2ku suka bgt salak pondoh..oleh2 po'o mbak...hehehe

andri said...

uups dah banyak yg ngatri comment ni....hore...akhirnya ada postingan terbaru....acara makan2nya kok ga di shoot ya....ga jadi ngiler ni...

Anonymous said...

ternyata baru dari kebun salak mbak. jadi ngiler pengen makan salak, dah 5 taon gak makan :(.

berasa puun salak sendiri kalo kaya gini ya mbak :D

seruuu lah pokoke..

mis muter-muter said...

angsoka47: makasih makasiihh...:D
mbak Rei: sama2 mbak,moga2 kalo ada waktu liburan bisa main ke yogya :D
Mbak Evie: iya mbak,kita udah mulai males ya ngeblog,semua ini gr2 petsoc!hahaha....hidup petsoc deh!Salaknya ntar kalo panen aku petikin ya mbak...kemaren gak musim jd cuman bisa makan ditempat....
mas Andri:ntar kalo aku fptp makanan takutnya lantai basah n licin ada yg ngiler gak habis2 hahaha!
Anonymous: ini siapa...kezia kah??

Milla Widia N said...

halah... cantik2 kok nyelusup di antara pohon salak nan berduri tajam...ntar malah kecabik2 tuh tangannya hihihihi...

eh itu benda2 purbakalanya menarik skali yah... :D
aku pingin bgt melihat benda2 purbakala dengan mata sendiri loh.. :D

ciwir said...

walah, nyampe di TURI kok nggak sekalian mampir tempatku di MAGELANG. khan dekat poll...

mis muter muter said...

Mbak Milla,ini ati2 dunk kalo kena duri kan sakit hahaha...kapan mbak ke Yogya??
Ciwir: Nanti ya kalo pulang lagi ke Yogya...emang Magelangnya dimana...

Dwi Wulan said...

Hai Judith

Wahh, kayaknya seru tuh jalan2nya. Bagi salaknya juga dunkk hehehe..suka jalan2 juga ya, sama donkk..kalo aku tambahin kuliner..yuk yukk ke blogku yukkk..maennn..:D

Kang Eko, said...

jreng..... muncul lagi.

Kang Eko, said...
This comment has been removed by the author.