Tuesday, August 25, 2009

Dolan ke Candi Barong

Yuhuuuuuuu! Akhirnya Tour de Candi yang pernah tertunda bisa kembali dilaksanakan,dan acara muter yang sempat libur kembali muncul berikut semangat Mis Muter-Muter(Mis MM).Kali ini candi yang di'dolani' Mis MM adalah candi Barong.Candi ini terletak di dusun Candisari Sambirejo Prambanan dan tak jauh dari lokasi Candi Boko (ke arah Selatan dari Candi Prambanan).Mencarinya lumayan sulit karena papan petunjuk ke arah candi tersebut hanya terletak di dekat lokasi.Jadi beberapa kali Mis MM harus menanyakan kepada penduduk sekitar lokasi dari Candi Barong ini.


Untuk menuju kesana pun ternyata jalannya.....duuhhh lumayan memprihatinkan.Wah,pantas saja candi ini jarang didatangi pengunjung.Sayang banget sebenarnya.Meski harus bertanya ke sana sini,mis MM tetap antusias.The show must go on...maju terus pantang kembali hehehe.....Setelah melewati jalan menanjak yang lumayan bikin badan terguncang-guncang dalam mobil akhirnyaaa....sampai juga di lokasi! Tapi...eh..eh...mana pintu masuk ke candinya ya??Sekeliling candi berupa tembok tinggi dan tak kelihatan ke dalam...setelah muter akhirnya nemu juga deh...ternyata dari tempat parkir masuk ke candi harus muter jauh,weleeh....


Berbekal payung (jelas aja kepanasan,dolan ke candi kok pas jam 12.00 WIB) melangkahlah aku dengan pasti menuju candi,ternyata payung harus dipegang erat-erat jika tak ingin terbang karena anginnya....bujubuneeeengg...gede bangeeet!! Jadilah aku Mis Payung siang itu.Kemayu dot com,wakakakakkk!! Eits....ternyata candi sunyi sepi...tak ada secuilpun tanda
-tanda kehidupan,alamaakk merinding disko ne
h! Terpaksalah setelah beberapa menit teriak ke driver untuk segera nyusul.Dasar pak supir gak mau capek,dia malah manjat lewat tembok tinggi menuju candi,holoohh..untung gak ada satpam atau penjaga (Gila ya bener2 sunyi senyap ini candi!)


Celingak celinguk dan memperhatikan dua buah candi disana yang ternyata adalah candi peninggalan Hindu dan dibangun untuk menghormati Dewa Wisnu dan istrinya Dewi Sri yang konon katanya adalah Dewi Kesuburan,akhirnya membuatku gatal untuk memotret juga.Biasalah,dengan kamera digital seadanya dan yang apes tentu saja pak supir,dia kebagian motretin aku! Aku rasa dia mbatin dalam hati," Oh Dewaaa...apa salah dan dosaku hingga terpaksa berpanas-panas harus motret Ibu Narsiswati???"


Candi Barong ini tersusun atas 3 tingkat. Tingkat pertama adalah dasar seluruh bangunan candi yang berupa tanah datar. Tingkat kedua adalah pelataran. Tingkat ketiga adalah tingkat yang paling suci, di mana terdapat 2 buah candi utama dan sebuah gerbang. Nah,dua candi itulah yang digunakan untuk memuja Dewa Wisnu dan Dewi Sri tersebut.Sayang tak ada lagi arca-arcanya...hanya terdapat relung dan makara saja dan hiasan di dindingnya.


Hoosshhh...hosssshhh!Capek juga keliling candi apalagi musti bergaya ditengah panas mendera....hoho...lebay ya!Gayanya juga sih *malu malu nekat* Setelah berfoto sana sini akhirnya kusudahi juga acara dolan di Candi Barong,yang menurutku harus lebih dapat perhatian lagi dari kita semua,meski letaknya yang terpencil tapi mempunyai potensi wisata yang dapat ditingkatkan.

6 comments:

Linda Belle said...

mbak judith...
duh tulisannya gk kliatan, sakit mata, jd aku liat fotonmya aja ya...maap hehe...tp keren kok...

budiawanhutasoit said...

@Linda : tulisannya keliatan koq..cuman agak susah..buat Judith, mungkin lebih baik, warna font-nya diganti jadi putih..biar lebih jreng surejreng..halah..

dith, ini candi ga ada pengunjungnya ya..apa karna lokasinya atau emang kurang prosomi, eh promosi..
jadi pas kamu kesana, cuman ada kamu ambe supir tokh ya..berdua2an di candi ini? hehe..hayoooo...ngapain..ngalap berkah ya..wkwkwk..

oya, aku akan usulkan agar Miss MM menjadi Menteri Pariwisata di kabinet SBY mendatang. kalo ngga jadi Menteri Muter-muter.. :-)

Lyla said...

wah... ke candi barong... kyknya keren nih... aku dah lama gak jalan2

JudithNatalia said...

Linda Belle...makasih yaa..iya neh byk yg compain,jadi aku ganti warnanya,udah agak keliatan gak??

Mas Bud: Wah kalo diganti putih blogku jd gak berwarna lagi ya mas hiks....

Ngalap berkah??lebih pas putret putret kalee hahaha....kayaknya candinya mpe mabok liat gaya mis MM wakakakakk!!

Makasih usulannya ya mas...ntar kalo mas Bud jd presidennya ya wakakakakk!! amiiinnn....*berdoa*

Mbak Lyla:kalo pas gak puasa aku ajak deh mbak hehe

Kang Eko, said...

padahal candi ini khan setahu saya ndak jauh dari Prambanan, tetapi mengapa pemda setempat kok ndak beri perhatian khusus untuk candi2 disekitarnya, sebagai obyek pendukung candi prambanan ya ?
pf : buat mis MM, muter terussssssssssssss. salam dr eko.

lidya said...

kapan jalan2 ke jakarta mbak? :)