Sunday, July 24, 2011

Ke Garut.....Siapa Takut?!

Ingin berwisata ke Garut,Jawa Barat?Ada yang menarik perhatian Mis MM di Desa Cangkuang,Kecamatan Leles,Kabupaten Garut yakni Candi Cangkuang dan Kampung Pulo.Candinya sendiri terletak di tengah-tengah pulau yang berada di situ Cangkuang dan untuk mencapainya kita harus menggunakan rakit dan menikmati situ atau danau yang banyak ditumbuhi bunga teratai.



Menariknya meskipun candinya adalah peninggalan agama Hindu namun terdapat pemakaman Islam di sekelilingnya,termasuk makam dari sesepu
h Arief Muhammad yang berjarak hanya sekitar 3 meter saja dari candi.Satu lagi yang unik,sebelum memasuki komplek Candi,kita akan melewati satu kampung yang disebut kampung adat Pulo dimana warganya telah menganut agama Islam yang taat.

Mis MM & Mbak Shant di Candi Cangkuang

Yang unik dari kampung Pulo adalah di sana terdapat 6 buah rumah dan ada 6 kepala keluarga dengan satu buah masjid.Tiga bangunan rumah di sebelah kiri dan tiga rumah di sebelah kanan.Jumlah kepala keluarganya harus 6,tak boleh kurang
atau lebih.Warga yang mendiami kampung itu adalah merupakan keturunan dari Arief Muhammad yang konon dahulu merupakan seorang tentara kerajaan Mataram yang pergi menyerang Belanda di Batavia pada abad ke 17.


Ketujuh bangunan di kampung Pulo sendiri melambangkan
7 anak dari Arief Muhammad tersebut,yakni 1 anak lelaki yang dilambangkan dengan bangunan mesjid serta 6 orang anak perempuannya.Warganya sendiri sangat ketat terhadap adat yang sudah turun temurun di sana,antara lain mereka tak boleh berziarah pada hari Rabu,tak boleh memelihara hewan berkaki empat seperti kambing atau sapi.Oooo...pantas saja Mis MM tak melihat seekor binatangpun di sana dan kampungnya sendiri terlihat bersih.


Kampung Pulo

Masih ingin berwisata ke tempat lainnya di Garut?Ternyata selain candi Cangkuang masih ada beberapa tempat menarik lainnya seperti Wisata satwa Cikembulan,air terjun Cimandi juga tempat air panas.Untuk yang ingin berhoneymoon bis
a juga menginap di Kampung Sampireun yang tempatnya memang pas banget buat mereka yang ingin suasana yang sunyi dan asri.


Dengan Mbak Ana dari kampung Sampireun

Oya,buat oleh-oleh dari Garut jangan lupa coklat dodol juga coklat chokodot yaa dan bagi yang suka batik,di Garut juga terkenal batik Garutannya dengan harga bervariasi.Untuk makan siang gimana kalau teman-teman cicipi juga nasi liwet pak Asep Strawberry yang nyam nyam itu....Seru juga muter-muter ke Garut,next time Mis MM akan keliling ke tempat wisata lainnya...ke Garut...siapa takut?!


Tiket masuk ke kawasan Candi Cangkuang Rp 2000,-/orang
Harga sewa Rakit Rp.50.000,-/rakit
Nasi Liwet lengkap paket untuk berdua Rp.55.000,-

8 comments:

zilko said...

haha, empat tahun di Bandung belum pernah ke Garut nih... :P Btw, itu akses masuknya gampang nggak sih? Denger-denger agak sulit yah?

JudithNatalia said...

Zilko,padahal Garut dkt sama Bdg lhoh...yah sayang yaaa....
hmmm akses masuk mana?Ke Candi dan Kampung Pulo?Gampang kok Zil...dan gak jauh...ayo balik Indo terus ke Garut!

Rebecca Clairine said...

Great post !
i love Garut <3

xoxo,
Rebecca
http://rebeccaclch.blogspot.com

JudithNatalia said...

Thank you Rebecca :)

Lia Waroka Putri said...

Thank you for such a great post! I never thought Garut is such an unique place ;))

JudithNatalia said...

Lia Waroka,thank you for stopping by...how about going to Garut together :D I want to go there next week...:D

nicilicil said...

wah saya cuma pernah sekali ke Garut,ke Kampung Sumber Alam,Sampireun,sama Kamojang
belum pernah ke candi itu, lain kali kalau ke Garut lagi mesti coba kesana ya
salam kenal :)

Judith Hutapea said...

Nicilicil,terimakasih sdh mampir yaa...salam kenal dan ditunggu acara jalan-jalannya :)