Monday, June 29, 2009

Ketemu Kura-Kura Raksasa dan RA Kartini di Jepara

Jepara.Hari ini aku ketemplekan*roh muter muter lagi yang menuntunku ke sana.Yipiiiiii....semangat bangun pagi dan persiapan meluncur ke sana.Aku berangkat dari Tuban,rumah ortu.Karena ortu juga semangat ikut muter maka kali ini muter-muternya lengkap sak rombongan meski minus hubby.Ortu,my prince dan juga Marni,pembantu Ibuku.Tambah driver total rombongan enam orang.

Tadinya aku pikir Jepara itu dekat saja dari Tuban,eehh ternyata setelah tanya ortu dibutuhkan waktu berkendara sekitar 5 jam untuk sampai di sana! Tapi karena sudah direncanakan ya tetap semangat saja.Apalagi aku penasaran banget dengan Obyek Wisata Pantai Kartini yang ada Kura-Kura Raksasanya.Plus di kota ini juga ada museum Kartini,double deh rasa penasarannya.Tadinya ingin juga mampir Rembang dan Lasem,tapi pasti waktunya tak cukup.Maka ditetapkan tujuan utama hanya Jepara dan hanya numpang lewat Lasem dan Rembang,dengan pertimbangan Rembang kan agak dekat dari Tuban,sewaktu-waktu bisa kesana.

Tugu Kota Jepara

Kami sampai di Jepara sekitar pukul 13.00 WIB setel
ah sebelumnya mampir makan siang dulu di Kudus.Di Kudus kayaknya pas ya makan soto Kudus,makanya semangat banget mampir di Soto Kudus Pak Denuh,yang dahulu sering kami datangi bila bepergian melewati kota ini.Soto ayam Kudus ini lezat banget,disantap dengan 'teman-teman'nya yakni sate kerang,sate telur puyuh dan sate ayam serta paru goreng yang juga tak kalah yummynya.Lexy sampai nambah nambah tuh,sikaaaaattt!

Soto Kudus pak Denuh

Di Jepara,kami yang menikmati perjalanan dengan penuh canda tawa semakin ceria saja melewati deretan toko mebel ukiran yang aduhai,gilak deh bagusnya....hmmmm bikin ngiler aja,pengeeeenn!Maka jadilah kita agak norak sedik
it,kita komentar,"Woow...." atau "Bagusnyaaa...." dan "Apikeeee...." Wis jan norak!!Tapi noraknya segera hilang begitu sampai di Museum RA Kartini yang terletak di dekat alun-alun.Disana kami ditemani Mas Slamet pemandu museum.

Museum RA Kartini

Ternyata di museum tersebut tak hanya dipajang barang-barang dari RA Kartini maupun keluarganya saja tapi ada juga beberapa peninggalan bersejarah seperti lingga,yoni,makara dan kepeng (coin) bahkan kerangka ikan raksasa yang ditemukan sekitar Jepara.Lucunya ikan yang aneh tersebut (seperti mempunyai gading seperti gajah)dinamakan Joko Tuwo.Ikan jenis apaan tuh Joko Tuwo,perasaan baru dengar.....usut punya usut,yang menemukan kerangka tersebut dahulu adalah seseorang yang telah tua namun belum menikah (perjaka),ealaaaaaaahhhh!!

Beberapa barang peninggalan RA Kartini,dakon,tempat jamu,hiasan dll

Peninggalan bersejarah yang ditemukan disekitar Jepara

Kerangka Joko Tuwo

Setelah sak kenyangnya tanya-tanya sama mas Slamet yang baik hati tersebut kamipun melanjutkan perjalanan ke Pantai Kartini.Pantai dimana RA Kartini sering menghabiskan waktunya bermain semasa kecil itu tak jauh dari pusat kota,hanya sekitar 2,5 km saja.
Waktu kami kesana suasananya tak terlalu ramai.K
ami langsung menuju ke arah Kura-Kura Raksasa.Eiittssss yang ini bukan kura-kura betulan lhoo!Ini hanyalah semacam gedung yang entah nantinya akan dijadikan apa karena aku sempat melihat gedung ini tertutup.

Sang Kura Kura Raksasa

Main catur ukuran 'extra'

Aku juga sempat berfoto-foto dipinggir dermaga ya
ng terdapat ferry untuk meyeberangkan penumpangnya ke pulau Karimun.Yaaahhh andai saja kami punya banyak waktu pasti telah menyeberang,katanya disana indah banget buat menyelam dan menikmati pemandangan bawah lautnya.Selain Pulau Karimun,di dekat sana juga ada Pulau Panjang yang bisa kita tempuh kurang lebih selama sepuluh menit dari pangkalan perahu-perahu yang disewakan disana.FYI,di lokasi pantai kartini juga terdapat penginapan/semacam guest house untuk yang ingin bermalam disana.



Setelah menikmati pemandangan pantai dan juga melihat beberapa pengunjung yang sedang asyik berenang dipinggir pantai,kamipun harus segera pulang kalau tidak ingin terlalu larut malam sampai di Tuban.Sebelumnya Marni sempat berbelanja souvenir khas sana yakni hiasan dari kerang yang banyak dijual.Cieee....belanja buat sapa tuuwww??

Marni ditemani my Mom lagi milih souvenir

Aaaaahhh....berada di pantai Kartini sore tadi rasanya belum puas sih,tapi apa boleh buat,rencana kali ini tak pakai menginap sih.....HRRRRRRRR!Lain kali pokoknya harus terPUASkan,wakakakakakk!!!
Oya tadi kami pulang tak melewati jalur seperti pada saat menuju ke Jepara,kami melewati jalur lain yang relatif sepi karena dikanan kiri terdapat hutan pohon karet (melewati Kecamatan Tayu) ehh ternyata ada papan petunjuk tempat wisata lainnya yakni Benteng Portugis,ihhhh gemeesss nggak bisa mampir karena hari sudah mulai gelap!Apa daya.....hiks hiks....bener-bener deh,lain kali harus diniatin lagi khusus kesana!Dan harus bermalam di Pulau Karimun tentunya....*melamun dot com*

*Ketemplekan:ketempelan

8 comments:

Ahmad flamboyant said...

kapan2 deh kesana,....
acara yg kemarin ja gagal..

Elis said...

waaaah...asyik banget, jebul napak tilas ke kota RA Kartini.Kemarin bener2 dalam perahu(kagak tau)ga pake kura2 (raksasa).Pokoke sipppp deh perjalanan bu mendokul!

mis muter muter said...

Ahmas n mbak Elis,maturnuwun sampun mampir....
kura2nya kalo hidup nyeremin kali yee..segede itu hahaha

Milla W. Schumacher said...

wiiiii.... kura-kuranya guede buanget!!! seremm.... takut di telen ... hahahahaha

Ciput M said...

jalan jalan, jangan lupa oleh - olehnya

ika rahutami said...

oooo kura2nya tuh disini to Dith....
terus rencana muter berikut kemana mbakyu??

My Love History said...

liburan ke jepara, bingung mau kemana,,,

kemaren aku kesana, sekalian ambil gambar,,,


refrensi kalo ke jepara or jawa tengah, y wajib di kunjungi dimana aja yah :P

Judith said...

My love history,thanks ya sdh mampir blog saya...untuk tujuan wisata di Jateng waaahh banyak banget,kira2 mau ke kota apa nih...Ke Solo?Semarang?Atau sekalian ke DIY...siipp...