Monday, January 19, 2009

Jalan-jalan ke Muntilan dan sekitarnya

Hari Sabtu yang lalu adalah hari plesirku ke Muntilan.Mumpung di Yogya,janji ketemuan dengan Jeng Tina buat makan Sop Empal Bu Haryoko.Sebenarnya sudah lama aku mendengar nama sop empal asal Muntilan yang kondang ini,tapi dasar sok sibuk (padahal sibuknya ya sibuk muter-muter)belum terlaksana juga sampai beberapa hari yang lalu Jeng Tina mengingatkan lagi dan mengajak maem di sana.Sebenarnya seenak apa sih sop empal ini,sampai-sampai pernah masuk juga dalam acara wisata kulinernya pak Bondan Winarno....


Ternyata tak sulit mencari warung sop empal bu Haryoko yang dimaksud,terletak di dekat klenteng Muntilan dan warungnya tak begitu besar.Kata Tina dulu malah warung aslinya hanya setengah dari warung yang sekarang.Begitu Sop Empalnya keluar,ealaaaahh ternyata sopnya terkesan biasa saja dari tampilannya,hanya nasi yang diberi bihun diatas nasi yang disiram kuah sop bening.Nah,empalnya sendiri terpisah.Meskipun terkesan sederhana,tapi begitu lidahku menyentuh sop dan empal tersebut....olalaaaaa....rasanya tak bisa berhenti mengunyahnya!Daging empalnya lembut,manisnya pas,sopnya juga segar,sekarang saja aku lagi ngiler berats membayangkannya!Top markotop.Sip markusip.Pokoknya whuenaaaakkk!!Buat yang kebetulan mampir Muntilan,kayaknya rugi deh kalau tidak mencobanya.Silahkan ke sana,tapi jangan lewat dari pukul 14.00 WIB (terutama hari Libur) jika tak ingin kehabisan.

Sop Empal

Setelah kekenyangan sampai habis dua piring sop empal(ccckkk...doyan apa rakus nih),kami melanjutkan acara jalan-jalan ke Mendut,candi yang terletak di Desa Mendut Kecamatan Mungkid Magelang.Yang tadinya tujuan kami akan ke candinya,tiba-tiba berubah begitu kami melihat ada Vihara(Buddhist Monastery)yang berada di sebelah candi tersebut.Mampirlah kami di tempat yang mempesona kami tersebut.Ternyata disana merupakan salah satu lembaga pendidikan bagi para biksu dan juga tempat bermeditasi.



Di kompleks Vihara

Kami sempat menemui bermacam patung dan stupa Buddha di sana.Konon disalah satu stupa itu didalamnya terdapat rambut sang Buddha?Kemudian ada pula,genta yang katanya setiap pukul 10.00 WIB dibunyikan.Arca Buddha yang sedang b
ertapa dibawah pohon Bodhi hingga kurus badannya pun ada.Pohon Bodhinya sendiri dibawa dari Kamboja,demikian juga pohon Sala yang kami temui.Aku juga baru tahu itu pohon Sala dari seorang security disana,dan konon dibawah pohon Sala Buddha disemayamkan.Saat berada di dekat pohon Sala itu kami bertemu dengan anak-anak warga sekitar yang sedang bermain petak umpet,ikutan main deh,eh,foto-foto, huehehehe!!

Anak-anak,ini namanya pohon Sala

Kalau yang ini bunga Sala

Di depan salah satu genta yang ada

Beranjak ke bangunan di pojok dekat pohon Bod
hi adalah ruangan meditasi.Didalamnya ada patung Buddha yang berasal dari Kamboja.Setelah lampu di ruangan itu dinyalakan,uughh keren banget!Berada di dalam ruangan itu benar-benar adem banget.Rasanya lama-lama malah jadi ngantuk dan pengen leyeh-leyeh,halaahh!!

Ruang Meditasi tampak samping,lihat atapnya yang unik

Patung Buddha dalam ruangan meditasi

Dari ruangan meditasi itu kita beranjak pulang,namun sebelum pulang sempat mampir menikmati kelapa muda dibawah pohon beringin dan memandang ke arah candi Mendut di depannya.Akkhhh....sejuk nian rasanya!

Candi Mendut

Nyantai di Bawah Pohon Beringin

Meskipun sudah merencanakan akan kembali ternyata kaki ini masih gatel saja rasanya.Ingin lanjut jalan.Hmmm..tapi kemana ya?Sop ka
mbing,nasi goreng,sate kebo,dadar gulung,rujak cingur,kerak telor!!!Ternyata kami masih menuruti perut buncit ini ke....warung sate dan tongseng kambing Pak Kurdi!!

Tongseng Kambing

Sate tanpa tusuk ala Pak Kurdi

Busyeeeett....perut kagak ada kenyangnya!!Jadilah kami berdua makan-makan di warung yang terletak di jalan menuju Candi Borobudur.Kata Tina warung ini paling ramai karena paling terkenal.Benar saja,pas kami kesana warung dalam kondisi ramai.Hampir mirip orang kalap,kami berdua pesan tongseng dan sekaligus satenya.Hajar bleeehh!!Endut,endut deehh....Jalannya tak seberapa,makannya LUAAARRR BIASAAAAA!!


15 comments:

Anonymous said...

Duh jadi netes ni air dari mulutku
sambil baca blognya jeng jude, sambil ngelap pake tisu
Kapan2 aku mo mampir ah.
Pis ah...

JudithNatalia said...

Ini aku kasih saputangan biar dilap hehehe...thx udah mampir :)

BloGendeng said...

edaaann asli edaaaann kurang asem tenan bikin orang ngiler lerr hahahaa

aku lagi bayangin nikomtnya makanan yg di gambar2 tuh, say....nyammm nyammm.....

di mana ada makanan enak, di sana ada Judith hihihi

HIDUP JUDITH

JudithNatalia said...

Huehehehehe...ternyata aku berhasil buat kamu ngiler chay!Horeeee...blogendeng ngiler!!*sorak-sorak*

budiawanhutasoit said...

lho..kayaknya sebagian dari fotonya dah aku komen di fesbuk ya..benar ngga..

mau dong itu sop empal..

di medan ini mana ada sop empal..errrrggghhhh...mo murka rasanya..

Lyla said...

sapa tuh anonymous yang netes air dari mulutnya... banjir nih blognya mbak judith hehe...

ika rahutami said...

empale empuk banget yo Dith.....
mendut cantik juga ya ternyata...

Nyante Aza Lae said...

satenya mbakk..gak usah lama, gak usah pake sendok, gak usah pake piring..wkwkwk

Kang Eko, said...

padahal tinggal beberapa menit lagi sampai deh di Magelang, rumahku... ada banyak tempat makan yang enak juga disana lho mis.

JudithNatalia said...

Mas Budiawan,makanya...dateng atuh kesiniii...ta ajak ke sop empal sampek kenyaaangg!!Hehe

Lyla:Iya tuh siapa ya anonymous,harusnya dia bertanggungjawab atas banjirnya blog ini,pelanggaraaannn...*geleng2 kepala*

Mbak Ika kapan atuh kita maem empal bu Haryoko sama2?Minggu depan??

Nyante Aza Lae:Lhaahh...ditadahin tangan mau??Wakakakakk!!

Kang Eko,kapan2 pasti nyampe magelang,asal ada guidenya yg nunjukin tmpat makan enak itu :)

Lia Xtila said...

duh..jalan terussss...hehehe...

sayang aku gak makan daging jadi kali ini tak ada tetesan air liur..hehehe

mana oleh2??? :P

software restaurant said...

Mau komen dikit nih soal pohon sala. Menurut literatur, Buddha tidak disemayamkan di bawah pohon sala, karena jasad Beliau dikremasi (dibakar) dulunya. Itu aja infonya :D, mudah2an bermanfaat. :)

JudithNatalia said...

Software restaurant,terima kasih infonya ya!Thx sudah mampir

Hikmah San said...

wow!! enak donk jalan2nya sambil makan makanan disana!! bagi donk!! heheheh!! :)

Andreas said...

Wah wah wah .... orang bojonegoro tahu muntilan dari mana nih? he he he .. emang muntilan enak dengan jajanannya... hi hi .. apalagi kalau malam hari...kenalin aku orang muntilan nih .. silahkan berkunjung ke sini ya..? http://www.globalnetlive.com