Saturday, January 31, 2009

Museum R.S Mata Dr.Yap

Beginilah jika punya kaki yang selalu gatal ingin melangkah terus,tak betah duduk diam-diam tanpa menikmati sesuatu yang baru...singkat kata,kesasarlah aku ke sebuah museum yang baru pertama kali kudengar sepanjang usiaku.Museum R.S Mata Dr.Yap.


Bermula dari mengantar suami yang akan dioperasi mata ringan/diambil tindakan eksterpasi Pterygium di R.S Mata Dr.Yap Jalan Cik Di Tiro no 5 Yogya.Menunggu dokter yang belum juga tiba membuat kakiku mulai clekit-clekit,nah parahnya ini bukan gatal karena digigit semut atau kesemutan karena duduk terlalu lama,tapi rasanya mulai tak betah hanya duduk-duduk di depan ruang operasi.Mulailah mis muter-muter beraksi.Kali ini yang diputari adalah R.S Mata!

Dibagian belakang R.S di sebelah Mushola,mataku sempat menangkap ada papan bertuliskan Museum.O,O.....museum apa nih di dalam sebuah R.S Mata?Mulai deh gatel,pengen tahu.Karena ruangan tertutup maka aku menghubungi bagian pendaftaran yang tak lama kemudian datanglah seorang petugas security yang mengantar aku dan membukakan pintu museum tersebut.


Olalaaaa....ternyata museum ini terbagi atas beberapa ruangan,antara lain ruang alat-alat kedokteran ,ruang perpustakaan dan juga terdapat alat-alat rumah tangga dan barang-barang peninggalan Dr Yap Hong Tjoen dan Dr Yap Kie Tiong pendiri R.S Mata Dr Yap ini.Sayang tak ada petugas yang memandu secara khusus dan menjadi tempat bertanyaku.Mana ruangannya syereeeemm,maklum bangunan lama,hiiiyyyy!Untung ada seorang karyawan lainnya yang menemani dan membantu sedikit-sedikit menjelaskan tentang barang-barang yang ada di sana.

Di ruang perpustakaan

Di museum tersebut aku menemukan antara lain alat-alat kedokteran jadul.Wekkzz di ruangan ini lumayan tak membuatku betah karena i
ngin merinding-merinding disko,mana lampu tak bisa dinyalakan,jadi hanya sempat memotret seadanya,dan langsung ngacir ke ruangan selanjutnya.


Di ruangan alat-alat rumah tangga,ada berbagai barang pribadi Dr,Yap,dari mulai tempat tidur,meja rias,cermin antik yang ada tulisan Chinanya (aku naksir cermin ini sangaaaattt!),peralatan makan kuno asal China juga kurasa,Biola dan satu set piringan hitam/radio.


Ada pula beberapa lukisan,antara lain lukisan Dr.Yap dan juga satu lukisan bergambar mata yang membuat suasana tambah horror,beibeehh!!


Di ruang perpustakaan ada koleksi buku-buku dan juga foto-foto,baik foto keluarga Dr.Yap maupun kolega,semuanya masih dirawat hingga kini oleh karyawan sana.

Keripik singkong,ubi jalar,tales Bogor,kacang mede,petei cina!!!Melihat-lihat isi museum ternyata sempat membuatku lupa bahwa aku telah meninggalkan sang kekasih hati yang duduk sendirian di depan ruang operasi menanti saatnya menjadi seorang one eye jack bin pendekar mata sebelah!!Hiyaaaaatttt!!Akupun segera melompat kembali ke tempat semula,TUING,TUING!!

22 comments:

BloGendeng said...

Banjir yg kemaren masuk tipi ya say. Puji Tuhan kalian bisa nyampe dg selamat. Piye operasine?

Tetep ae penyakitmu itu say. Penyakit muter-muter stadium 4 hahahahaaa....

Kok gak cerita makanannya? Paling nggak cerita pas beli nasi bungkus hahaha...

Blog Cantik said...

Dibangun tahun berapa ya?
Keliatannya menarik....!

Mira Maulia said...

oh.. ada museumnya segala yah.. haha, baru tau

bongjun said...

wah senang rasanya nemuin blogger penggemar template hitam legam kayak punyaku. hehehehe,....

btw, museum yang unik,...

salam dari anggota BBC (Black Blogger Community.

budiawanhutasoit said...

kalo mata hati, mata hari, mata-mata ada disitu ga ya..keke

dith, itu cermin..aku jamin, kalo kita pake utk bercermin..pasti dibelakangnya ada bayangan yg lain yg muncul..hhehe

andri said...

iya tumben ga cerita2 makan, bisanya yg paling seru makannya, he he he...

banditmemo said...

dari catatan banditmemo, ini adalah kunjungan ke 12 dalam bulan ini. mungkin weton miss muter-muter itu, minggu wage karena kakinya suka gatel kalau lama diam. saran saya, ketik REG Weton anda, kirim ke xxxx.

Nambahi komen mas Budiawan, kira-kira di situ ada telur MATA sapi nggak. miniman, menu di RS itu untuk kelas ekonomi, mungkin ya ada mata sapinya.

JudithNatalia said...

Sik..siikkk...kok pada nanya makanan yak,halah!Ternyata teman2 ini lebih heboh dari mis muter kalo udah ngomongin makanan ya?Nanti bisa dipertimbangkan nama mis muter diganti menjadi mis makan-makan,wakakakakkk!!

Soal makan2 dijamin teman2 akan ngiler kalo semua acara makanku ditampilkan,itu yg membuatku agak 'menahan diri'untuk memposting acara makan2 ala mis muter2...tapi jangan kuatir rek!Demi melancarkan jalannya iler teman2,pasti akan saya posting semua acara makan2 saya beberapa hari ini berikut foto2nya.Sabar ya.

Kalau soal kaki gatal,mas banditmemo ini sudah pakar rupanya ya,wakakakakakk!!Mas,kalo gatal2 kena gigit serangga berarti wetonnya apa?Iku lhoo tonggoku takon,kikikikik!

JudithNatalia said...

Untuk Blogcantik: waduuhh itulah yg aku belum sempat tanyakan(karena kemarin tak ada yang bisa menjelaskan lebih akurat),mungkin akan aku tanyakan ke pihak RS tersebut jika mampir kesana :)

Blogendeng:Puji Tuhan operasinya lancar,tapi masih harus ditutup sampai seminggu....

Bonjun: Salam dari penggemar template hitam legam nan manis,manis semanis madu hahaha :D

Brigadista said...

mampir, waahh.... jadi pengen lihat langsuuungggg,....!!!

Lyla said...

wah mbak.. tiap hari aku lewat depan RS mata DR. YAP hehehe... tp gak pernah masuk2 kedalam musiumnya

srex aswinto said...

mbak...penasaran sama foto yang lukisan mata....
bisa di tampilin khusus gak?
Kayaknya bergaya "surealis-me" tuh...

Kang Eko, said...

sikil gatel kalau diem ajah ya ?


ya mbak ndak tau tuh Pak Har... kok blog nya dihapus, sibuk kali ya mbak ?

EvieJPu said...

tak kiro museum mata,banyak mata2 orang yg dioperasi lalu di awetkan..hehehe
Dirimu emang hebat ya..tingkat penasarannya tinggi bgt..

ika rahutami said...

wowow... kamu ninggalin yayang buat ceprat cepret?? hehhe..
gimana Hubby? udah sip lagi kan?
mengenai museum yap? kok bapakku nggak pernah cerita ya??? padahal dia kerep nongkrong di sana

tito said...

baru tau ada museum mata, bs liat langsung kynya menarik juga ya, informasi yg menarik :)

Diana Ang said...

duh. duh. museum nya kok kaya museum horror gt seh. hahahaha

fanny said...

bagus ya museumnya. rapi.
btw, aku pindah rumah ya mbak
blog lama mau dihapus. linku diganti aja sama yg baru. tks.

Erik said...

Iya Miss, tumben gak ada cerita makan? apa gak makan ya...

Other Side said...

Nice posting :thumbsup:and. Drop smile 4uu…:):). Have a weekend and great days :) http://publicvaluerconsultant.blogspot.com/

dhie said...

Jadi pengen berkunjung ke sana neh. ;)

Maaf, baru bisa bertandang lagi neh.

G said...

Haha... memang suka jalan2 sampe di RS pun bisa menemukan obyek utk jalan2 juga, hihi.. seru banget. Trus mr. One Eye Jack-nya gimana tuh?? (^_^)