Sunday, December 14, 2008

Jadi Patung di Candi Sari dan Minum Secang Membuat Ketakutan Bertemu Mist

Sabtu kemarin aku dan Lexy sempat mblusukan ke candi lagi.Kali ini ke Candi Sari yang terletak di Desa Bendan,Tirtomartani Kalasan.Tak terlalu susah mencarinya,di Jalan Raya Yogya-Solo,kira-kira 14 km dari Yogya atau kurang lebih dua kilometer sebelah barat Candi Prambanan.Sebelum berangkat,kekasih hati sempat bertanya kami akan kemana.Setelah kuberitahu akan ke Candi Sari,ia sempat heran,"Ke Candi lagi??" Betul sayang,aku sedang tergila-gila dengan candi dan seperti mencandu membuatku bertekat meneruskan Tour de Candi yang beberapa waktu lalu telah kumulai.










Candi sari ta
mpak muka

Voilaaa....berangkatlah kami ke Candi Sari.Sesuai dengan namanya yakni Sari yang berarti Indah,candi ini memang benar-benar indah dimataku.Bentuknya mirip persegi panjang dengan tinggi sekitar 17 meter dan lebar 10 meter dan memiliki jendela-jendela kecil di sekelilingnya.Di dalamnya sendiri terdapat relung-relung yang kini telah kosong,tak ada arcanya sama sekali.Tadinya aku membayangkan di dalam candi ini masih terdapat arca,padahal relungnya cukup besar lho,kemungkinan dahulu ada arcanya yang agak besar juga.Ya sutralah,aku saja yang berfoto depan relung-relung tersebut,sambil membayangkan jadi arca seorang Dewi.Benar-benar B E R L E B I H A N.

Arca barunya kok bersayap?

Dibangunan luar candi Sari ini terdapat relief arca yang menempel di dinding-dindingnya.Jadi mengelilingi bangunan candi ini di dindingnya terdapat beberapa arca.Selain itu terdapat pula pahatan yang kulihat-lihat kok mirip burung tapi juga setengah manusia.Di puncak candi terdapat stupa yang jumlah keseluruhannya 9.Konon,candi ini dahulu dipergunakan oleh para biksu untuk bermeditasi dan mengajar para siswa,mirip Vihara.Melihat di dalam candi yang terbagi atas tiga ruangan,mungkinkah dahulu sebagai kelas mengajar para siswa?Aih aiiihh....lagi-lagi aku terpesona oleh satu lagi peninggalan bersejarah yang bernilai seni.Bayangkan,batu-batu besar yang disusun sedemikian rupa hingga menjadi sebuah bangunan yang kokoh.Tak habis aku memikirkan kehebatan nenek moyang kita.


Malam sepulang dari Candi Sari aku,kekasih hati dan Lexy berjanji dengan Mas Heri dan
Tina,teman keluarga kami.Dalam waktu dekat mer
eka akan pindah ke Kalimantan Timur,maka malam itu kami sempatkan bertemu sambil melepas rindu.Tadinya kami sepakat ke Gadri resto,tapi lagi-lagi batal (sudah dua kali nih batal makan di tempat ini)karena malam itu Gadri di booked untuk sebuah acara.Akhirnya (lagi-lagi) kami ke Bale Raos.Tak apalah.ketemu lagi deh dengan "Tapak Kucing" dan kali ini kami juga mencoba kudapan yang lain yakni "Bendul" yang bentuknya lucu banget,mirip bakpia yang bulat-bulat itu dan ditusuk dengan gagang es krim yang dibungkus daun.Lembut banget deh di lidah!

Nunggu makanan


Bendul yang lembut

Untuk makan malamnya,Tina memesan Gar
ang Asem yang terbuat dari ayam dibungkus daun pisang dan direbus bersama santan encer yang mendidih dan untuk nasinya ia memilih nasi merah.Aku sendiri mencoba Sup Timlo yang berasa jahe dan kecap dengan isi berupa jamur,ayam,bunga pisang,wortel dan taburan keripik kentang.Konon sup ini kesukaan Sultan Hamengku Buwana X.Main coursenya aku coba Bistik lidah yang manis dan lembut.Karena di menu kulihat juga minuman secang yang terkenal itu,aku pun lantas memesannya.Secang sendiri sebenarnya minuman khas dari Kotagede yang dahulu merupakan minuman kesayangan Raja-Raja.Warnanya merah agak kecoklatan dan terbuat dari tanaman secang yang kata orang-orang berkhasiat untuk meningkatkan stamina.Seger banget!Singkat kata, malam itu kami kenyang makan dan juga kenyang ngobrol.

Timlo,Garang Asem dan Secang

Ini apa ya?

Pukul 20.30 kami berpisah.Aku,kekasih hati dan Lexy meneruskan acara malam minggu dengan kesenangan kami bertiga,apalagi kalau bukan....jreng jreng jreeeng....nonton!Lexy ngotot banget nonton The Mist,"The Mist aja Ma!".Terus terang kami bertiga tak ada yang tahu filmnya bergenre apa,tanggung amat,masuk ajalah.Toh sering kali begini.Kadang aku malah baru tahu judul filmnya setelah berada dalam studionya.Setelah beberapa menit berlalu,barulah kami sadari ternyata film yang kami tonton ini seraaaaamm!Ya horror,ya setengah fantasy.Sumprit,aku paling benci nonton film serem!Tapi aku tak sendirian ketakutan.Penonton disebelahku,seorang gadis manis yang datang dengan kekasihnya (aku tebak begitu) bolak balik ribut berkomentar,"Ya ampun yank,serem amat filmnya,aku nggak mau nonton dua kali ah,"
Yeeeeeee.....neng,biar dibayarin tiketnya aku juga nggak mau kalau disuruh nonton film ini untuk kedua kalinya!!Apes,sepanjang durasi film,aku hanya merem,merem dan merem.
T E R L A L U !Malam itu doaku hanya satu,semoga filmnya tak terbawa dalam bunga tidurku!

27 comments:

BloGendeng said...

walahh dith gayamu kok koyok tapak buddha hahaha...

kamu tuh asli mbuencekno polll. lha mosok disuguhi gambar makanan tok ae hahahaa....asem tenan mbakyu satu iki

Gak po-po wes ketimbang blas blas o hehe

Wah ada yang kurang iki. Aku nunggu di tiap postinganmu. Foto bareng Pak Komandan dan buah hatimu pas liburan manaa? ojo disimpen d fs ae hehehe.....

kruyuukk...kruyukkk walah aku luwe gara2 foto makananmu kan menjadi bunga tidurku (moga2 film horormu juga menemanimu...)hahahaa

JudithNatalia said...

Wakakakakkk!!
Lha daripada gak ada arcanya,kan bagusan aku mejenk di situ to?

Ssstt soal pak Kumendan ojok kenceng2 ngomonge,orangnya kebangun ntar.Wis wis,cukup di private album fs aja,ntar kalo muncul disini tambah ngetop piye hahaha!

Film horror kebawa mimpi?Walaahh aku milih kukuruyukan wae wetengku bro...asyeeem nih!Hihihi

pojokjambi said...

itu foto yang diatas, kok ada patung yang pake baju ijo ya... hehehe

lam kenal....

-G- said...

Ahaha... saya juga paling ga suka nonton filem horor, males banget sepanjang filem deg-degan, hihi..

ika rahutami said...

hahaaa.... patungnya kaya lara jonggrang... hehhee

Budiawan Hutasoit said...

itu candi bagus2 ya..lagi mikir aja gimana bisa jaman dulu mereka bikin itu candi.
tapi pas yang di patung arca..lha koq ada arca abad 21..hehe

di Singosari sblm Malang menuju Surabaya, kalo ngga salah ada juga lho dith candi..aku lupa namanya..
coba aja..
kan sampeyan pencinta candi

JudithNatalia said...

Thanks Dedi,mbak Ika: patungnya sexy kan wakakakakkk!!
Mbak G:Iya tuuull seyeeeemm...aku paling males juga ntn flm horror mbak.Banyakan meremnya daripada nontonnya,rugi bo'!
Mas Budiawan: Iya mas,itu candi Singosari deket bekas rumahku hehe...nti deh maen sana jadi patung abad 21 lagi haha!

Erik said...

Wah foto yang bersayap itu kok pas banget ya.

Pas banget jadi dewi khayangan eh salah dewi khayalan he.he.he

FATAMORGANA said...

aduuuh, jalan2 mulu neh. *ngiler*

JudithNatalia said...

Mas Erik: Dewi Khayangan mas,Dewi jumpalitan yang suka 'kayang' hahaha!
Mbak Fatamorgana:Mbak jgn ngiler lagi mbak,udah seember tuh ntar banjir hehehe....

Lyla said...

weks... perasaan kemarin blm ada sayapnya ya... skrg udah bersayap aja tuh. padahal baru semalam aku mampir kesini heheh...

JudithNatalia said...

Mbak Lyla,ini yang dinamakan patung ajaib,bahkan dalam waktu semalem bisa tumbuh sayap,coba liat jangan2 bentar lagi dah bisa terbang hahaha!

Milla Widia N said...

udah lama banget aku nda ke jogja...kangen suasananya...

jadi pingin nyobain "bendulnya" enak ya? hehe

JudithNatalia said...

Lha monggo ke Jogja...siapa tau pas saya kesana jadi bisa nyoba bendulnya bareng2 hehehe

misteridigital said...

Ojo-ojo setelah dolan dari candi ke candi trus terinspirasi arep nggawe candi sendiri...

Nyante Aza Lae said...

jujur, dq pertama x minum secang skitar thn 06 yl di Yogya, dq pikir minuman apa nih, pewarna merahnya koq gila2an..stelah dpt info bhw secang berasal dari tumbuhan..lgsg aja deh ta' glek abis..mau tambahh dong

JudithNatalia said...

Misteridigital:Memang itu rencananya mas...mau mbantu angkat2 batu tah?Huehehe....
Nyante aza lae: Hehe...kalo aku pertama minum secang itu kira2 taun 2003 di Kotagede dimakam raja2,langsung jatuh cintrong :)

mingto, obsesion seleb said...

aduh... panjang banget yah ceritanya.. dibuat berseri donk kayak BlogKu, kunjungan baliknya yah!!

Harry potter said...

wah kalo di yoyaharta emang enakyah...tapi kok ntuh di gambar ada peri yang pakai saya siapa yah

FATAMORGANA said...

duh,ngiler liat timlonya.

JudithNatalia said...

Mingto:makasih ya dah mampir.
Harry Potter:itu peri arca nyasar yang lagi belajar terbang hahaha!
Mbak Fata: Aku juga pengen timlonya lagi mbak...seger bangeeet!

brigaspad said...

waah jadi inget kampung ibuku di magelang,... borobuduurr... i miss you...

faridah said...

kamu lucu ya orangnya...kamu nyebelin juga kan?
visit my blog and komen di sana ya.. ZrooglePic ada LELE RAKSASA yang bisa kamu makan loh...! :D

Anthony Harman said...

Kacanduan liat candi yah...
Ampe nyempet2in jadi arca segala
Hehehe

PM ADMIN said...

Maaf boleh numpang iklan yah..
Hi..
sekarang ada CARA BARU ISI ULANG PULSA HP ANDA,

harga pulsanya lebih murah bila dibandingkan harga jual dicounter2 pulsa

dan tidak perlu repot2 lagi dan buang2 waktu/keringat utk datang ke counter pulsa karena CUKUP HANYA dengan mengirim sms dr hp anda sendiri maka pulsa hp anda/keluarga langsung terisi..bahkan anda juga dapat menjual pulsa isi ulangnya ke rekan atau orang lain..

DAPATKAN PULSA GRATIS Rp. 25.000.- SETIAP HARI

http://www.primamitra.blogspot.com

marsudiyanto said...

Baca postingannya seperti baca majalah berwarna. Urut tirik2 dan banyak fotonya.
Sukseslah...

LOMBOK! said...

bingung kok bentur2ken kepala ke tembok :) hehehe bejut boss...

"AKU BENCI NATAL" bercerita ttg seorang Katolik yang hingga kini membenci Natal. Karena saat mau berangkat ke misa Natal terjadi pertengkaran hebat hingga keluarganya pecah belah gak karuan.

misa Natal kan perayaan ultahnya Gusti Yesus, hehehe

kami, org Katolik menyebut misa dengan pesta karena ada acara makan minum dalam tiap misa. dalam tiap misa, kami selalu merayakan peristiwa pengurbanan Gusti Yesus.

"Sahabat" kutulis dgn huruf besar utk melambangkan Tuhan. kami diijinkan menyapa Tuhan dgn sebutan Sahabat.

kembali lg ke cerita,
saat mau berangkat misa, kedua ortunya bertengkar lagi. tapi kali itu sangat DASYAAAAAAAAAAAAAAAAT!!!

itu yg membuat dia trauma luar biasa. karena setelah perang itu, kedua ortunya meninggalkan dia dan adiknya tanpa berkata apa-apa. They just abandoned him and his baby brother alone in a trembling chaos situation.

dengan pengalaman pahit itu, apakah dosa kalau dia benci Natal?
lagipula Natal selalu tidak indah.
lahir di dalam kandang bercampur e'ek kambing n sapi, hujan, tanah longsor, banjir, salju, tsunami, orang diculik, penyekapan, penganiayaan, pemerkosaan, lan sapanunggalane... trus di mana letak indahnya?

dalam tradisi Katolik, masa sebelum hari raya Natal disebut masa Advent. dalam masa ini kami berduka karena manusia masih dirundung dosa. meski sudah bersimpuh, kami merasa tidak layak menatap wajah Tuhan.

dalam masa Advent, kami mempersiapkan diri untuk emnyambut Natal.