Saturday, November 22, 2008

Wisata Hotel,ada harga ada rupa?

Selama masih suka muter-muter hal penting lainnya yang perlu kita pikirkan selain tempat tujuan dan juga transportasi adalah penginapan.Biar kelihatannya remeh namun soal penginapan ini gampang-gampang susah.Bagiku sendiri tempat menginap selama muter-muter haruslah tempat yang nyaman dan bisa (benar-benar)dijadikan tempat beristirahat setelah selama seharian kelelahan muter.

Terus terang selama ini aku masih banyak'beruntung'nya,karena tempat-tempat wisata yang kudatangi masih berdekatan dengan kota-kota besar jadi aku tak terlalu direpotkan untuk urusan yang satu ini.Aku masih bisa menginap di tempat yang'layak' dan kadang-kadang nasib baik menyertai karena selalu saja ada yang menraktir untuk urusan hotel.Beruntungnya lagi bila aku mendapat hotel gratis yang benar-benar hotel alias bisa beristirahat di hotel berbintang.Dijamin tidur nyenyak dengan beralas kasur empuk dan berbagai fasilitas lengkap lainnya.Tak perlu tidur kepanasan,hiburan televisi yang sudah jenis LCD dengan channel beragam dan bisa berendam air hangat selepas acara jalan yang melelahkan.

Namun selain hotel-hotel berbintang yang namanya tak perlu diragukan itu kadang aku juga harus menginap d
i hotel-hotel yang biasa-biasa saja,seperti kelas melati.Maklumlah ditempat yang kudatangi tak ada hotel dengan kelas berbintang.Tapi biarpun hotel kecil dan sederhana beberapa diantaranya patut diacungi jempol karena kebersihan hotelnya,termasuk toiletnya!Nah,untuk urusan yang satu ini memang mutlak.Bagiku biar hotel bagus namun toilet atau kamar mandinya jorok ya maaf-maaf saja.Biasanya saat pertama masuk kamar hotel yang menjadi perhatianku adalah kamar mandi dan terutama bagian kloset.Jika bersih,bungkuuuuss!Untunglah juga selama ini masalah toilet tak banyak menggangguku.Aman dot.com.

Soal makanan di hotel tempat menginap juga kadang jadi bahan perbincangan ringan
antara aku dan kawan-kawan seperjalanan.Biasanya di hotel berbintang hampir tak ada masalah soal ini.Bagiku semua enak-enak saja.Baik makanan jenis oriental,western ataupun masakan asli Indonesia.Lucunya aku jadi sering membandingan makanan di hotel satu dengan lainnya.Biasanya saat breakfast yang kucari adalah makanan asli daerah yang kukunjungi.Di Hotel "N" Makasar biarpun breakfast tetap disediakan es pisang ijo.Bayangkan pagi-pagi sudah makan es,tapi mumpung gratis,sikat!Demikian juga di dua hotel yang pernah aku inapi di kota Medan,menyediakan makanan khas seperti soto Medan.Di Jakarta ada satu hotel berbintang yang selalu ingin kudatangi yakni hotel GM karena pilihan makan paginya yang excellent,luar biasa bagi lidah ndesoku.Intinya soal makanan hotel berbintang tentu saja lebih yahud.Yang membuatku tak punya pilihan menu saat makan pagi hanyalah ketika menginap di hotel bukan berbintang.Makanan paginya biasanya seragam,nasi goreng dengan telur atau roti bakar isi selai plus segelas teh hangat.Itupun terkadang harus mengantri lama untuk mendapatkannya.

Yang terpa
rah dari semua hotel yang pernah kusinggahi adalah pengalaman menginap di salah satu hotel kecil di salah satu kota kecil pula di Jawa Tengah.Karena tak ada pilihan aku harus rela tidur di kamar yang lumayan besar tapi menakutkan,kulihat ada sarang laba-laba di sudut atapnya,dengan suasana kamar yang serem-serem empuk.Kamar mandinyapun besar,bisa untuk mandi sekeluarga aku rasa,dengan sekali lagi ada sarang laba-laba disudut atap.Kali ini laba-labanya lebih besar dari yang di dalam kamar.Alhasil malam itu aku bolak-balik terbangun karena benar-benar tak nyaman dan ketakutan.Tuing!

Soal view yang kudapatkan dari jendela kamar hotel juga beragam.Ada hotel berbintang yang ternyata menawarkan view deretan rumah kumuh disamping kanan kiri hotel.Bleeh....pemandangan yang tak sebanding dengan isi kamar dan rate semalamnya! Yang pernah membuatku terbengong-bengong malah ketika menginap di salah satu hotel biasa-biasa saja di Balige namun ternyata dari jendela kamarnya terlukis pemandangan yang luar biasa,danau Toba yang indah terutama dikala pagi saat kabut masih menyelimuti,wow! Jadi menurutku tak benarlah istilah ada harga ada rupa itu.Terbukti masih ada yang bisa didapat dengan harga murah namun memberikan sesuatu yang lebih untuk kita.Minimal soal pemandangan tadi.Dan pendapatku ini juga dibuktikan ketika semalam aku menginap di salah satu hotel berbintang di kota Surabaya untuk urusan muter-muter sehari di kota Pahlawan tersebut.Kamar yang ratenya cukup membuat kita tarik nafas dalam-dalam ini memang menawarkan fasilitas yang lengkap dan wah,apalagi kamar hotelnya belum lama habis direnovasi.Tadinya aku berpikir,waaahh pasti nyaman nih tinggal di kamar yang furniturenya serba baru.Tapi,guess...apa yang kutemui.Bukan tidur nyenyak yang kudapat karena beberapa kali aku harus terbangun karena bunyi "Ngiiiiiiinngg" yang cukup mengagetkan,yang sepertinya datang dari kamar sebelah!Kutebak setiap kali penghuninya ke kamar mandi maka terdengarlah bunyi-bunyian yang mengganggu tersebut.Kalau sudah begini apakah masih berlaku istilah ada harga ada rupa?Bahkan ketika aku complain ke pihak hotel,mereka cuma bisa nyengir sambil bilang maaf(yang penuh basa-basi).Bahh!!


13 comments:

Ksatrio Wojo Ireng said...

Wah, neng - masih mending disana meski jorok nggak seperti jorok beneran ala afrika :D

Sok atuh kapan mampir kesini... :D

Erik said...

Iya bener, buat yg suka trafelling, transport dan penginapan perlu dipikirkan

Bunyi nggiiing itu bunyi apa?

JudithNatalia said...

Wah ya itu mas Erik...kayaknya dari saluran air,heeeeehh...nyebelin banget!Baru kali ini aku ngalamin,biasanya di hotel itu fine2 aja tuh!

Ksatria Wojo Ireng,aku jadi pengen liat'kejorokan'di Afrika nih,tanggungjawaaabb....hehehe....

Nyante Aza Lae said...

klo duwit terbatas gmn kiatnya milih hotel yg nyaman, bersih dan murah mba'?

cumie said...

iya, disini ada tuh, hotel berbintang, tapi ternyata bukan hotel berbintang, malah hotel kejatuhan bintang, udah kotor, serem lagi suasananya hwehhe

Budiawan Hutasoit said...

hotel yang di Balige itu aku tau tuh..kapan nginep di Balige lagi..
atau kapan maen ke Medan..biar bisa jalan2 ke Danau Toba..

Bang Ir said...

laba-laba itu sepertinya bonus akhir bulan...:-)

Diana Ang said...

laba laba nya mungkin juga tamu hotel nya :D
hahaha. just kidding :P

BloGendeng said...

hotel bintang tapi bikin kita berbintang-bintang (baca: mumeeet) hehe..
dith, coba hotel yang berbulan ae

Kios Info said...

Kalo dikomplain cuma nyengir ya repot juga tuh. Emang dia mau dibayar pake nyengir juga? kalo ada tamu Mr Bule kan maloooo. Kirain hotel bintang d indo pake layanan kelas bintang kecil

Lyla said...

kalo aku nyari hotel pertama aku liat mesti kamar mandinya huhuuu... gak asik kan nginep di hotel bagus tp kamar mandinya gak keluar air

purwa said...

Aku ndak pernah dapat kamar mandi atopun kamar yang ada sarang laba2nya kok. ;)

purwagilardhie
http://jendelahati.net

stream said...

mbak tau hotel yang murah disurabaya ga?